Perkembangan Ideologi Konservatisme di Indonesia

Sebagai bangsa yang baik, sudah sepantasnya kita mengetahui bagaimana perkembangan ideologi konservatisme di Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk mengukur sejauh apa pergeseran nilai yang terjadi. Sebab, pada dasarnya pola tingkah laku warganegara Indonesia menjadi faktor pencetus utama bergesernya nilai-nilai ideologi negara.

Konservatisme diartikan sebagai suatu paham politik yang bertujuan untuk mempertahankan nilai-nilai tradisi, menjaga stabilitas sosial, melestarikan pranata yang sudah ada, dan membuka diri terhadap perkembangan, serta menentang suatu perubahan yang bersifat radikal.

Konservatisme ideologi tidak hanya berlaku di negara Indoensia saja. Seluruh negara menerapkan ajaran konservatisme guna mempertahankan karakteristik negaranya masing-masing. Adapun ajaran konservatisme terdahulu memiliki ciri-ciri:

    fluoxetine capsules usp 20mg fluoxetine capsules ip 20 mg fluoxetine buy online fluoxetine price comparisons cheapest fluoxetine online retail price fluoxetine
  • Cenderung mendahulukan kepentingan lembaga-lembaga kerajaan dan gereja.
  • Kekuatan utama dalam suatu negara terletak pada nilai-nilai agama. Agama diyakini dapat membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap tata kehidupan yang lebih baik, sesuai tradisi dan norma.
  • sep 17, 2007 – most recently, i was taking a moderate dosage of generic zoloft as costco pharmacy has excellent prices on generic zoloft (under $13 for a 
    mar 5, 2003 – subject: prozac verus generic fluoxetine . category: health > medicine asked by: bella_aria-ga. list price: $25.00 subject: re: prozac verus 

  • Lembaga-lembaga yang dianggap suci dan perlu dilindungi adalah keluarga, gereja, dan negara.
  • doxycycline hyclate 20mg tablets for acne doxycycline dosage 400 mg order doxycycline

  • Sangat menetang radikalisme dan menjunjung tinggi skeptisme.

Seiring perkembangan waktu dan banyaknya negara-negara Islam, ciri ajaran konservatif tersebut menyesuaikan diri dengan nilai-nilai Islam. Gereja bukan lagi menjadi lembaga dan kepentingan yang diutamakan (meski tetap harus dilindungi dan dihormati keberadaannya), melainkan mesjid dan segala perangkat keislaman lainnya.

Gejala-Gejala Konservatisme

Ajaran konservatisme sejatinya membawa pengaruh positif terhadap perkembangan suatu negara. Gejala-gejala yang dapat terlihat setelah ajaran konservatif diberlakukan adalah sebagai berikut:

  • Tatanan kehidupan bermasyarakat menjadi lebih baik dan teratur.
  • Pemerintah memiliki kekuasaan yang mengikat namun tetap bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diembannya.
  • Golongan masyarakat lemah mendapat perhatian lebih dari Pemerintah.

apr 2, 2014 – to order online. buy baclofen soft tabs uk : where is the best place to buy baclofen online. 2014 uk baclofen online buy cheap baclofen Pengaruh Globalisasi Terhadap Ideologi Pancasila

Pancasila merupakan ideologi terbuka dengan nilai-nilai pokok yang mudah menyesuaikan dengan keadaan, situasi, dan lingkungan. Di satu sisi, ideologi semacam itu cocok terhadap negara-negara yang membuka diri terhadap bangsa asing, seperti halnya Indonesia. Namun, di sisi lain keterbukaan tersebut justru menjadi penyebab terjadinya pergeseran nilai-nilai tradisi yang sudah ada lebih dulu.

Di sadari ataupun tidak, di era globalisasi paham liberal dan sosial tampak semakin mencolok. Liberalisme ditandai dengan kebebasan dan kekuasaan. Setiap orang bebas diberi hak untuk melakukan apa saja, termasuk menentang dan menggulingkan kekuasaan yang sudah ada. Perlu diketahui bahwa Indonesia telah mendapat pengaruh tersebut. Contohnya, pergolakan masyarakat sebagai bukti penolakan besar-besaran atas suatu kekuasaan yang tengah berlangsung.

Sementara itu, sosialisme ditandai dengan keterbukaan diri terhadap pengaruh luar. Kini bangsa Indoensia tidak “secanggung” dulu terhadap pihak asing. Bahkan, budaya-budaya asing dapat masuk dan diterima dengan mudah sehingga nilai-nilai tradisi mulai mengalami sulit dipertahankan.

Demikian perkembangan ideologi konservatisme di Indonesia saat ini. Semoga seluruh bangsa Indonesia berpartisipasi penuh terhadap pelestarian nilai-nilai tradisi dan ideologi Pancasila.

Selanjutnya : Perilaku Menyimpang Positif Masyarakat di Sekitar Tempat Tinggal
Sebelumnya: Jenis Makanan Pantang Cacar Air yang Harus Dihindari
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...