Perkembangan IPA bagi Kehidupan Manusia


Salah satu cabang ilmu yang kita kenal sejak dulu adalah Ilmu Pengetahuan Alam atau sering disingkat dengan IPA. Pada hakikatnya pula, perkembangan IPA bagi kehidupan manusia, telah memberikan manfaat yang sangat berarti dalam segala aspek kehidupan manusia.

Salah satunya tentu dengan mempelajari ilmu pengetahuan alam (IPA) manusia akan diberikan suatu pengetahuan mengenai rahasia-rahasia lingkungan tempat manusia tinggal, sehingga mampu menjabarkan secara ilmiah mengenai alam semesta yang begitu luas ini.

Secara definisi, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bisa diartikan sebagai kumpulan pengetahuan yang dipelajari oleh manusia dengan susunan yang sistematis. Pengetahuan tersebut berdasar pada upaya penyelidikan menggunakan metode ilmiah. Gejala-gejala alam yang terjadi, baik yang terjadi pada masa kini maupun masa yang lalu, menjadi objek penelitian dari ilmu pengetahuan alam (IPA).

Cabang Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), umumnya terdiri atas cabang-cabang ilmu yakni Biologi, Kimia, dan Fisika. Cabang ilmu tersebut kemudian lebih dikhususkan lagi seperti, Biofisika ataupun Biokimia. Dalam bidang teknologi, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) telah menyumbangkan pemikiran yang pesat bagi terciptanya kemajuan teknolgi pada saat sekarang ini. Lewat pengetahuan ini, manusia mampu meprediksi dan menciptakan alat-alat teknologi canggih yang memudahkan segala urusan manusia.

Misalnya, tercipta berbagai alat yang dikembangkan dari pengetahuan mengenai tubuh manusia, yang dipelajari dalam cabang ilmu Biologi. Sebut saja bagian tubuh manusia tersebut yakni jantung, pengetahuan mengenai jantung yang dipelajari oleh manusia lewat ilmu Biologi dijadikan dasar bagi terciptanya alat pemacu jantung hasil karya dari teknologi manusia.

Adapun manfaat lainnya yakni memberikan pengetahuan bagi manusia dalam mempelajari gejala-gejala alam yang timbul, seperti gempa bumi, banjir dan tanah longsor, sehingga manusia dapat lebih bersiap diri apabila peristiwa ini sewaktu-waktu terjadi. Perkembangan IPA bagi kehidupan manusia juga memberi dampak cukup luas terhadap pengetahuan manusia akan benda-benda langit yang selama ini menjadi misteri.

Sekarang manusia mengetahui penjelasan ilmiah mengenai pembentukan dunia beserta isinya. Baik pengetahuan mengenai sistem tata surya, planet-planet, matahari, bulan dan berbagai macam benda langit lainnya. Jabaran yang singkat ini merupakan sedikit gambaran tentang pentingnya ilmu pengetahuan bagi manusia, baik ilmu pengetahuan tentang alam atau lainnya.

Selanjutnya : Bahaya Pernikahan di Usia Dini
Sebelumnya: Contoh Algoritma Dan Pemrograman Dasar Komputer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar