Perkembangan Ke Arah Ekonomi Global

Apa yang dimaksud dengan perkembangan ke arah ekonomi global? Sebelum mengetahui perkembangan ke arah ekonomi global, terlebih dahulu kita cari makna tentang ekonomi global.

Ekonomi Global

Ekonomi global dapat didefinisikan sebagai terintegrasinya ekonomi nasional ke dalam ekonomi internasional melalui perdagangan, investasi asing, arus modal, dan sebagainya. Interaksi ekonomi menjadi tak terbatas karena berlaku lintas negara. Peran negara dalam hal ini menjadi terbatas, karena hukum dan aturan-aturan dalam suatu negara terutama di sektor perdagangan dihapuskan, seperti bea masuk barang impor, pajak, dan lain-lain. Melalui ekonomi global terjadilah deregulasi komoditi, modal, dan pasar tenaga kerja menuju ke bentuk neoliberal.

Ekonomi global memungkinkan pengusaha mana pun menanamkan modalnya di mana pun di dunia. Dengan demikian ekonomi masyarakat global dan ekonomi nasional menjadikan ekonomi masyarakat setempat menciptakan suatu ekonomi global.

Perkembangan ke Arah Ekonomi Global

Pada dasarnya sistem ekonomi global terbagi menjadi 3 macam, yaitu sistem ekonomi kapitalis, sosialis, dan campuran. Sistem ekonomi kapitalis memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada warga negara sebagai pemilik modal untuk melakukan kegiatan ekonomi (mengembangkan usahanya) tanpa campur tangan negara/pemerintah. Sistem ekonomi sosialis memberikan hak penuh kepada pemerintah untuk mengatur kegiatan ekonomi, sehingga warga negara tak mempunyai hak sama sekali tehadap aset negara. Terakhir, sistem ekonomi campuran adalah kombinasi sistem kapitalis dan sosialis.

Dalam sejarahnya, sistem ekonomi di Indonesia berubah-ubah dari waktu ke waktu. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan pemerintahan dan politik, juga kondisi negara. Pada awal kemerdekaan Indonesia menerapkan sistem ekonomi liberal, yang mana seluruh kegiatan ekonomi diserahkan kepada masyarakat. Kemudian berubah menjadi sistem ekonomi sosialis karena adanya pengaruh Partai Komunis saat itu.

Pada masa Orde Baru Indonesia menganut sistem ekonomi demokrasi, hingga munculnya era reformasi. Pada masa reformasi sistem ekonomi menjadi ekonomi kerakyatan. Namun kemudian sistem ekonomi yang diterapkan kembali lagi pada sistem ekonomi demokrasi.

Sistem ekonomi demokrasi yang ada di Indonesia berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945, yang berlandaskan pada asas kekeluargaan dan kegotongroyongan. Pemerintah memiliki peranan yang sama pentingnya dengan swasta, sehingga pemerintah tidak dominan dalam kegiatan ekonomi. Perekonomian di Indonesia juga tidak hanya didominasi oleh pemilik modal saja, karena buruh juga memiliki peranan yang tak kalah penting.

Dalam perkembangannya sekarang ini, sistem ekonomi Indonesia mengarah pada ekonomi global. Karena tak dapat dipungkiri, globalisasi telah meliputi segala aspek termasuk ekonomi. Pemodal di Indonesia dapat bersaing lintas batas dengan pemodal dari negara-negara di dunia.

Jadi, apa yang dimaksud dengan perkembangan ke arah ekonomi global? Dapat disimpulkan bahwa aktivitas-aktivitas ekonomi nasional menjadi semakin terintegrasi ke arah ekonomi internasional. Meski Indonesia mempunyai landasan tersendiri dalam kegiatan ekonominya, namun pelaku ekonomi dapat melakukan kegiatan ekonominya melintasi batas negara mana pun.

Loading...
Selanjutnya : Fungsi Kode Pos dan Kode Pos Kecamatan Cibiru Kota Bandung
Sebelumnya: Kode NISN untuk Wilayah Jawa Barat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar