Perkembangan Kerajaan-kerajaan Hindu Budha di Indonesia


Perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu Budha di Indonesia merupakan salah satu sejarah kerajaan Indonesia yang menarik untuk diteliti dan memiliki banyak pengaruh terhadap Indonesia, mulai dari budaya, adat istiadat, serta pengaruh lainnya. Indonesia pernah memiliki masa kejayaan ketika kerajaan-kerajaan Hindu Budha berkuasa. Kerajaan-kerajaan tersebut juga memiliki sistem-sistem pemerintahan yang baik dan cara kepemimpinan setiap rajanya yang berbeda-beda.

Kerajaan-kerajaan Hindu Budha yang pernah mengalami kejayaan pada masanya di antaranya sebagai berikut:

1.    Kerajaan Kutai

Merupakan sebuah kerajaan Hindu yang tercatat sebagai kerajaan tertua di Indonesia. Letaknya berda di tepian Sungai Mahakam di wilayah Kalimantan Timur. Raja yang pernah memimpin Kerajaan Kutai yang paling terkenal adalah Raja Mulawarman yag merupakan seorang penganut Hindu Syiwa. Sejarah Kerajaan Kutai tercatat dalam prasasti tugu batu yang bertuliskan huruf Pallawa dengan bahasa Sansekerta.

2.    Kerajaan Mataram Kuno

Merupakan sebuah kerajaan yang terletak di daerah Kedu sampai Prambanan di Jawa Tengah. Kerajaan ini memiliki beberapa dinasti yang pernah berkuasa. Dinasti-dinasti tersebut di antaranya sebagai berikut:

(1)    Dinasti Sanjaya, berkuasa pada 732 M dengan agama kerajaan adalah Hindu dengan daerah kekuasan di Jawa Tengah bagian utara.

(2)    Dinasti Syailendra, berkuasa pada 778 M dengan daerah kekuasan di Jawa Tengah bagian Selatan.

(3)    Dinasti Isyana, berkuasa pada tahun 918 M dengan pendiri Mpu Sendok sampai pada kekuasaan Raja Airlangga yang akhirnya membagi dua kerajaan menjadi Jenggala atau Singasari dan Panjalu atau Kediri.

3.    Kerajaan Sriwijaya

Merupakan kerajaan Budha yang berdiri di tepi jalur perdagangan nasional dan juga internasional yang berada di Palembang, sehingga kerajaan ini merupakan salah satu kerajaan yang sangat maju. Kerajaan Sriwijaya juga menjadi tempat untuk pendeta Budha yang hedak belajar ke India, harus belajar Budha terlebih dahulu di sana. Puncak kejayaan Sriwijaya berlangsung ketika Sriwijaya berada di bawah kekuasaan dan pemerintahan Balaputradewa.

Masih banyak kerajaan-kerajaan Hindu Budha yang pernah berdiri di Indonesia. Sebagian sejarah perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu Budha di Indonesia dalam uraian di atas diharapkan bisa sedikit memberikan gambaran tentang beberapa kerajaan Hindu Budha yang pernah berjaya.

Selanjutnya : Syair yang Diucapkan Dwipangga
Sebelumnya: 7 Permohonan, Doa atau Permintaan Penuh Puitis di Hari Ulang Tahun
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar