Perkembangan PR Menurut Emerson Reck dan Hubungannya dengan Pemasaran


Perkembangan PR Menurut Emerson Reck berdasarkan dari pengertian yang diuraikannya bahwa public relations (PR) merupakan kelanjutan dari proses pendapatan kebijaksanaan, penentuan pelayanan, dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan good will dari mereka. Dari pengertian tersebut itulah kemudian bisa ditarik hubungan antara public relations dengan pemasaran suatu produk.

Public Relation dan Pemasaran

Secara umum, ketika kita memasarkan sebuah produk, hal yang kita butuhkan adalah bahasa dan kemasan yang menarik agar orang lain tertarik dengan apa yang kita jual dan membelinya. Di sinilah fungsi dari public relations ala Emerson Reck dibutuhkan.

Konsep mengenai “pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan suatu golongan agar memperoleh kepercayaan” yang disampaikan oleh Emerson Reck mengajarkan bahwa apabila kita ingin memasarkan sebuah produk, kita harus memilih cara yang tepat dan sesuai dengan keinginan masyarakat agar segera mendapat kepercayaan.

Sehingga, masyarakat langsung membeli apa yang kita jual dikarenakan mereka merasa sangat membutuhkannya. Tentu saja untuk mendapat kepercayaan masyarakat ini diperlukan pula bantuan kata-kata yang unik, merakyat, dan mudah diingat.

Beberapa produk yang ada di pasaran yang telah berhasil mendapatkan kepercayaan masyarakat dan telah menjadi barang yang banyak dicari antara lain produk provider yang mengusung kegelisahan masyarakat tentang koneksi internet yang lambat. Dikemas dengan gambar yang menarik dan kalimat yang persuasif tentang kebencian masyarakat tentang koneksi lambat telah menarik perhatian minat masyarakat untuk berbondong-bondong menggunakan produk ini.

Salah satu produk ponsel keluaran pabrikan Korea Selatan yang mengedepankan keunggulannya dalam menerjemahkan beberapa bahasa juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang haus akan teknologi canggih yang bisa memudahkan mereka dalam berinteraksi dengan bangsa lain secara instan.

Ponsel ini memudahkan seseorang yang sedang berkunjung ke negara asing bisa mudah berkomunikasi. Fasilitas ini jelas membuat masyarakat berbondong-bondong membeli ponsel yang dijual dengan harga yang tidak murah ini.

Public relations dan pemasaran memang memiliki keterkaitan yang sangat erat. Public relations diharapkan mampu mengemas pemasaran sebuah produk dengan cara yang menarik, namun tetap humanis. Sehingga, masyarakat tidak sedang merasa menonton sebuah iklan. Perkembangan PR menurut Emerson Reck telah membuktikan bahwa pemasaran yang baik dan berhasil haruslah tetap mengedepankan sisi pelayanan terhadap masyarakat.

Selanjutnya : Jenis-jenis Peramban Internet
Sebelumnya: Perkembangan Pemikiran pada Masa Khulafaurrasyidin
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar