Perkembangan Teknologi Indonesia pada Masa Prasejarah Seperti Apa?


Zaman tumbuh berantai dari masa ke masa. Apa yang kita nikmati pada saat ini adalah rantai pertumbuhan teknologi di masa lalu. Perkembangan teknologi Indonesia pada masa prasejarah sekalipun berkaitan erat dengan perkembangan teknologi masa kini. Kebudayaan dan teknologi suatu masyarakat tidak terputus dari kebudayaan dan teknologi masyarakat sebelumnya.

Bayangkan saja, di masa lalu yaitu pada saat bangsa Indonesia masih baru merdeka, masyarakat menggunakan alat tulis untuk belajar dengan menggunakan sabak, semacam papan tulis dalam bentuk kecil, mirip sekali dengan ipad atau laptop. Kita juga bisa melihat di zaman dulu, piringan musik, bentuknya juga mirip dengan keping disk yang sekarang kita gunakan.

Perkembangan Teknologi Indonesia

Peradaban manusia Indonesia prasejarah dapat menjadi gambaran perkembangan teknologi di masa kini. Kita patut mensyukuri jasa orang terdahulu yang telah membuat kita dapat menikmati hidup dengan kemajuan teknologi seperti saat ini. Masyarakat Indonesia prasejarah masih menggunakan peralatan yang sangat sederhana, seperti batu, tulang binatang, dan kayu.

Dari benda-benda yang sederhana tersebut, alat di masa purba dapat dijadikan alat berburu, yang memang kehidupan mereka ketika itu hanya berburu. Saat itu, belum ada kerja kantoran dan segala kemodernan seperti saat ini. Dari bahan batu tersebut, mereka membuat kapak genggam, yang belum menjadi telfon genggam. Kapak genggam seperti namanya, berupa kapak untuk membelah dan memotong kayu, tetapi tidak memiliki tangkai. Kapak langsung digenggam dengan tangan ketika menggunakannya.

Mata tombak dibuat dari bahan tulang binatang. Tulang-tulang yang bersifat keras dan tajam itu mereka bentuk sedemikian rupa sebagai mata tombak, kemudian dipasangkan pada bilah kayu. Perkembangan berikutnya di zaman perundagian, perkembangan teknologi Indonesia pada masa prasejarah itu telah sampai pada pembuatan barang cetakan.

Nenek moyang kita sudah lebih maju dari sebelumnya, mereka sudah dapat membuat barang-rang yang dicetak atau dicor dalam bentuk logam. Mereka menggunakan tanah liat dan lilin untuk membentuk barang-barang yang mereka cetak sesuai ukuran dan bentuk yang dikehendaki. Bandingkan perkembangan teknologi Indonesia pada masa prasejarah itu dengan masa kini, tentu kita akan banyak bersyukur.

Selanjutnya : Perkembangan Televisi Sejak Pertama Kali
Sebelumnya: Cara Fermentasi Yoghurt, Minuman Menyegarkan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar