Perkembangan Teknologi Transportasi dari Zaman Tradisional Sampai Modern


Perkembangan teknologi transportasi dari zaman tradisional sampai modern memang sungguh luar biasa. Sekarang ini, jarak yang jauh dapat ditempuh dengan waktu yang singkat. Perkembangan ini semakin memudahkan manusia menjalankan aktifitas kehidupannya. Selain itu juga dapat menghemat waktu. Bukan hanya itu saja, banyak dampak-dampak positif lain yang ditimbulkannya.

Seputar Perkembangan Teknologi Transportasi

Alat transportasi dikelompokkan menjadi tiga yaitu transportasi darat, udara, dan air. Ketiga alat transportasi ini mengalami perkembangan yang cukup pusat dan canggih. Sehingga hal-hal dahulu yang dianggap tidak mungkin, kini menjadi suatu yang biasa dan dibutuhkan.

Dahulu orang berpergian dengan berjalan kaki, atau menaiki kuda dan alat transportasi tradisional lainnya. Namun sekarang ini, tidak lagi demikian. Orang ke kantor, ke sekolah atau menuju tempat lainnya sudah menggunakan teknologi bermesin seperti mobil, kereta api, sepeda motor, dan lainnya. Jarak yang dahulu dirasa cukup jauh, kini tidak lagi menjadi masalah dan kendala.

Demikian pula, bila naik haji ke Mekah orang-orang dulu butuh waktu berbulan-bulan. Waktu yang panjang ini tentu saja melelahkan fisik dan menghabiskan waktu yang dapat saja dipergunakan untuk hal-hal positif lainnya. Namun kini, dengan kecanggihan teknologi pesawat terbang, jarak ribuan kilometer itu dapat ditempuh dengan singkat dan aman. Bahkan perkembangan teknologi pesawat terbang mampu menghantarkan manusia bukan saja antarbenua namun sudah keluar angkasa, menjelajahi bulan dan planet.

Sedangkan di air, manusia menciptakan teknologi kapal mesin. Membuat kapal-kapal tanker, kargo, dan kapal-kapal raksasa lainnya. Mengangkut beban ribuan ton tidak lagi menjadi masalah selain juga menghemat waktu pengangkutan.

Dalam perdagangan, perkembangan teknologi transportasi sangat membantu laju ekonomi antarnegara dan benua. Penyebaran barang produksi dapat disebarkan dan diangkut dengan jumlah yang tak terbatas. Waktu dan ruang dipersempit oleh kecanggihan teknologi ini.

Namun, meski ditemukannya alat transportasi canggih, tidak serta merta transportasi tradisional seperti rakit, pedati, angkong, dan lain sebagainya ditinggalkan orang. Biasanya transportasi tradisional banyak digunakan oleh masyarakat pedesaan.

Perkembangan teknologi transportasi dari zaman tradisional sampai modern menimbulkan dampak positif yang luas. Namun di samping itu juga menimbulkan efek lainnya yaitu polusi. Dan seyogianya, dampak negatif ini harus dapat diatasi dan diseimbangkan.

Selanjutnya : Resep Udang Rebus Manis
Sebelumnya: Peranan Warna dalam Kehidupan Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar