Perkembangan Teknologi Transportasi di Indonesia


Terjadinya perkembangan teknologi transportasi di dunia membawa pengaruh besar pada kehidupan masyarakat di Indonesia. Alat transportasi tradisional yang semula menjadi andalan lambat laun berubah menjadi lebih modern akibat pengaruh bangsa-bangsa asing yang mulai masuk dan menjajah tanah Indonesia.

Pada zaman dulu, masyarakat Indonesia masih akrab dengan alat transportasi berupa hewan. Mereka memanfaatkan binatang-binatang kuat seperti kuda, kerbau, atau sapi untuk keperluan transportasi, baik untuk memindahkan barang maupun bepergian ke suatu tempat yang cukup jauh.

Bangsa asing, khususnya dari Eropa, lantas datang ke Indonesia. Merekalah yang membawa perubahan kepada rakyat negeri ini dalam hal transportasi. Masyarakat Indonesia mulai mengenal adanya alat trasportasi yang menggunakan mesin, mulai dari mobil, sepeda motor, hingga kereta.

Secara garis besar, ada empat teknologi transportasi Indonesia yang mengalami perubahan dan perkembangan, berikut adalah penjelasannya secara singkat.

1.    Kendaraan bermotor

Tahun 1893, kendaraan motor pertama hadir di Indonesia, pemiliknya adalah orang Inggris bernama John C.Potter. Tahun 1920, Indonesia mulai membangun industri yang bergerak di bidang otomotif. Sejak itulah mobil maupun motor yang ada di Indonesia terus mengalami perkembangan akibat pengaruh bangsa asing.

2.    Kereta api

Indonesia diperkenalkan dengan kereta api pada masa penjajahan Belanda sejak sekitar tahun 1840. Bahkan, sampai saat inipun sebagian besar infrastruktur KA di Indonesia adalah hasil dari kolonial Belanda zaman dulu.

3.    Transportasi laut

Indonesia mengenal transportasi laut sejak zaman dulu. Kendaraan laut paling kuno yang diyakini telah ada sebelum tahun 1500an adalah kapal atau perahu pinisi. Tahun 1890, kolonial Belanda mulai membangun perusahaan pelayaran pertama di Indonesia, dan sejak saat itu teknologi transportasi laut negeri inipun berubah.

4.    Transportasi udara

Tahun 1911, pesawat terbang akhirnya dibawa ke Indonesia untuk pertama kalinya. Sejak saat itu orang-orang Belanda kerap mendemonstrasikan pesawat di Indonesia, mulai dari jenis Antoinette, Fokker Skin, Fokker F-7, dan lain-lain.

Demikian informasi mengenai sejarah perkembangan teknologi transportasi di Indonesia. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan Anda semua.

Selanjutnya : Sifat Fisik Natrium Oksida
Sebelumnya: Permainan yang Paling Seru di Dunia Sepanjang Tahun 2013
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar