Mengapa Perlu Ada Persyaratan bagi Anggota Koperasi?

Mengapa perlu ada persyaratan bagi anggota koperasi? Dalam kegiatan koperasi tidak lepas dari manajemen keanggotaan. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan mengenai koperasi berikut ini.

Pengertian Koperasi

Koperasi merupakan suatu perkumpulan berbadan hukum, dimana keanggotaannya bersifat terbuka dan sukarela dalam menjalankan usaha bersama berdasarkan undang-undang dan memiliki ciri khas dalam keanggotaan. Sifat keanggotaan koperasi tidak terikat, artinya setiap anggota bisa keluar dan masuk dalam usaha dan kegiatan yang dilakukan.

Saat ini kita mengenal banyak jenis koperasi yang ada di lingkungan masyarakat, antara lain koperasi simpan pinjam, koperasi pegawai negeri, koperasi sekolah, koperasi pegawai dan lain sebagainya.

Persyaratan Anggota Koperasi

Dalam manajemen sumber daya manusia, koperasi membuka penerimaan anggota atau disebut dengan istilah rekruitmen, yaitu aktivitas mencari dan memikat para pelamar kerja yang memiliki motivasi, keahlian, pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan.

Dalam koperasi primer anggotanya terdiri dari orang-orang, namun tidak semua orang pada suatu wilayah tertentu bisa masuk menjadi anggota. Oleh sebab itu dalam penerimaan anggota koperasi, harus memenuhi syarat-syarat yang berlaku. Umumnya syarat-syarat menjadi anggota koperasi adalah:

  1. Setiap orang yang  sudah dewasa, artinya ia mampu melakukan tindakan hukum dan memenuhi segala persyaratan yang sudah ditentukan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.
  2. Memiliki satu atau beberapa kepentingan dan tujuan yang sama dengan anggota lainnya. Dengan adanya tujuan yang sama, maka kegiatan kopreasi dapat berjalan dengan lancar dan membuat iklim hubungan setiap anggotanya menjadi harmonis.
  3. Tempat tinggal anggota tidak terlalu jauh dari tempat koperasi. Karena tempat tinggal yang jauh bisa memberatkan anggota dan terhambatnya pelayanan yang diberikan koperasi. Alasan lainnya karena setiap anggota koperasi diharapkan turut serta dan aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan.
  4. Mampu dan sanggup menjalankan hak dan kewajibannya sebagai anggota. Hak dan kewajiban anggota koperasi tercantum dalam Undang-Undang Pasal 20 No 21 tahun 1992.

Dari pembahasan di atas, diharapkan pembaca lebih memahami mengapa terdapat perbedaan syarat-syarat dan ketentuan anggota koperasi yang berbeda-beda antara koperasi satu dengan yang lainnya (tergantung jenis koperasi yang dijadikan keanggotaan).

Alasan lainnya mengenai mengapa perlu ada persyaratan bagi anggota koperasi? Hal tersebut berhubungan juga dengan tujuan dan manfaat menjadi anggota, yaitu kompensasi dari pembagian hasil atau sisa usaha dan pemberian pelayanan baik dalam bidang penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan anggotanya dengan cepat, tepat dan lebih murah. Demikian informasi mengenai seputar koperasi, semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Drama Korea Merajai Tayangan Film yang di Putar di Indosiar
Sebelumnya: Beberapa Tips Belajar Fisika Mudah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar