Perluasan Pengertian Mikroskop Cahaya Monokuler


Pengertian mikroskop cahaya monokuler sangat menarik jika kita membandingkannya dengan  mikroskop jenis lainnya. Pengertiannya adalah sebagai jenis mikroskop yang dilengkapi dengan satu lensa okuler saja. Mikroskop ini termasuk mikroskop dalam kelompok mikroskop cahaya dimana akan meneliti sel yang lebih detail.

Dalam meneliti benda pada mikroskop ini adalah menggunakan cahaya yang berasal dari lampu. Jika dibandingkan dengan mikroskop binokuler, mikroskop monokuler ini yang memiliki lensa okuler yang mudah digunakan.

Untuk struktur dari mikroskop ini terdiri dari dua yaitu bagian optik dan non optik. Untuk bagian optik bagiannya adalah kondensor, lensa objektif dan okuler.

Sedangkan untuk non optik terdiri dari kaki dan lengan mikroskop, diafgrama, meja preparat, pemutar halus dan kasar, penjepit kaca dan sumber cahaya. Tujuan dari mikroskop cahaya ini adalah untuk menghasilkan bayangan agar lebih besar. Terjadinya pembesaran ini tergantung pada titik fokus dan okuler, jarak lensa objektif dan jarak pandang mata pada mata normal.

Pada pengertian mikroskop cahaya monokuler ini juga diketahui bagaimana sifat bayangan dari mikroskop ini, yaitu  lensa yang terdapat pada mikroskop ini adalah lensa cembung.

Untuk lensa objektif menghasilkan bayangan yang sifatnya hanya sementara saja. Ada beberapa petunjuk saat menggunakan mikroskop ini, yaitu saat memulai ataupun selesai harus memperhatikan alat-alatnya apakah masih lengkap dan harus membersihkan alat mikroskop tersebut.

Pada saat menggunakan mikroskop ini lebih baik menggunakan cahaya matahari daripada cahaya buatan, jika berada di dalam ruangan sebaiknya menggunakan cermin cekung. Jika menggunakan preparat yang basah harus dipastikan meja tetap datar agar tidak basah ke luar, sedangkan jika menggunakan preparat awetan posisi meja dibuat miring. Dalam menggunakan mikroskop ini ada langkah-langkah.

Langkah-langkah tersebut di antaranya adalah memilih tempat kerja yang terang, membersihkan alat-alatnya, memeriksa apakah semua bagian lengkap dan menyisipkan preparat yang akan digunakan.

Dalam pelaksanaannya juga harus diperhatikan penerangan, penggunaan objek, memutar pengaturnya, memutar cermin sesuai penerangan yang dibutuhkan, memasang salah satu mata pada okuler, memasang preparat, memperjelas gambar dan menggambar hasil pengamatan yang didapat.

Selanjutnya : Belajar dari Anneahira
Sebelumnya: Apa Sebenarnya Tujuan Membentuk Partai?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar