Informasi Tentang Permainan Bulu Tangkis


Siapa yang tidak kenalpermainan bulu tangkis? Olahraga yang biasa disebut badminton ini pasti dikenal setiap orang, termasuk orang Indonesia. Olahraga yang menggunakan alat bantu pokok berupa raket dan kok ini termasuk olahraga andalan Indonesia dalam kompetisi olahraga internasional.

Olahraga ini dapat dimainkan oleh siapapun, mulai anak kecil, remaja, hingga dewasa, pria atau wanita. Olahraga ini dapat dimainkan oleh minimal dua orang atau satu pasang. Sebagai sebuah permainan, bulu tangkis ketentuan khusus yang harus ditaati oleh para pemainnya. Bulu tangkis memiliki perlengkapan, cara bermain, dan istilah-istilah tertentu yang harus diperhatikan oleh pemainnya.

1.  Kelengkapan Permainan

Bulu tangkis atau badminton merupakan permainan yang dimainkan dengan menggunakan kelengkapan tertentu yang khusus. Dua elemen yang penting dalam kelengkapan bulu tangkis adalah raket dan kok. Dua benda tersebut merupakan kelengkapan primer yang membedakan permainan tersebut dari permainan lain.

Raket terbuat dari alumunium, serat karbon, atau baja. Raket tradisional mulanya terbuat dari kayu. Pada raket disisipi senar yang membentuk oval. Senar tersebut memiliki ketebalan tertentu yang berfungsi untuk menangkis dan menahan kok sekuat mungkin.

Sedangkan kok adalah bola yang digunakan dalam permainan ini. Kok terbuat dari rangkaian bulu angsa yang berbentuk kerucut dengan sisi terluas yang terbuka. Pangkalnya terbuat dari gabus. Namun, ada juga kok yang terbuat dari plastik. Kok akan ditangkis secara bergiliran oleh para pemain dengan saling berlawanan arah. Selain kedua kelengkapan ini, masih ada kelengkapan permainan lainnya, seperti sepatu dan net (jaring).

2. Tempat bermain

Sebagai sebuah permainan, bulu tangkis dapat dimainkan di mana saja, asalkan memiliki luas yang cukup untuk digunakan menangkis kok. Namun, dalam kompetisi resmi dan olahraga, tempat bermain bulu tangkis adalah lapangan khusus berbentuk persegi dengan ukuran luas 13,41 meter x 6,10 meter.

Di tengah lapangan dipasang jaring yang disebut net. Jaring tersebut membentang setinggi 1,55 meter. Pemain bulu tangkis harus menangkis kok di atas jaring tersebut.

3. Partai yang Dipertandingkan

Dalam kompetisi, partai yang dimainkan dalam bulu tangkis adalah tunggal (putra atau putri) dan ganda (putra, putri, atau campuran).

Demikian informasi mengenai permainan bulu tangkis, mulai dari kelengkapan, tempat bermain, hingga partai yang dipertandingkan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Isi Contoh Ceramah Islam
Sebelumnya: Cara Instal Software Laptop Baru
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar