Cara Melakukan Permainan Congklak Online


Salah satu permainan tradisional di Indonesia adalah permainan congklak. Meskipun untuk saat ini permainan tersebut sudah jarang dimainkan dan dikenal oleh anak-anak atau remaja masa kini. Untuk peralatan mainnya pun saat ini sudah jarang diperoleh di berbagai tempat. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir lagi sekarang, karena saat ini ada permainan congklak online. Sehingga bagi Anda yang ingin bermain atau bernostalgia dengan permainan ini bisa memainkannya kembali.

Permainan congklak ini ada yang menyebut juga dengan permainan congkak. Permainan ini terdiri dari butiran-butiran dari kerang untuk memainkannya, yang bisa diganti juga dengan biji-bijian lain, atau mungkin juga dengan kelereng. Yang kedua, ada alat yang terlihat seperti bentuk perahu sebagai alas dalam menyimpan dan memainkan biji-biji tersebut. Alat tersebut terbuat dari kayu, meskipun saat ini ada yang terbuat dari bahan plastik. Dalam alat kayu tersebut terdapat 14 lubang kecil dan 2 lubang besar. Di mana setiap 7 lubang kecil dan 1 lubang besar tersebut untuk pemain ke 1 dan 7 lubang kecil dan 1 lubang besar berikutnya untuk pemain ke 2.

Sebenarnya permainan congklak dalam dunia maya tak jauh berbeda dengan permainan secara offline (langsung). Namun, alangkah baiknya, Anda perhatikan hal-hal berikut ini dalam memulai permainannya:

1.    Download dan install permainan congklak tersebut pada PC atau laptop Anda. Untuk gamesnya, Anda dapat mencarinya di internet dan tidak terlalu sulit.

2.    Setelah diinstall, Anda langsung dapat memainkan permainan tersebut.

3.    Melakukan permainan ini secara online dapat dilakukan dengan dua orang teman seperti dalam permainan offlinenya, atau Anda dapat bermain sendiri dengan lawannya adalah komputer, apabila Anda tidak ada teman untuk diajak main permainan ini.

4.    Untuk memudahkan membaca intruksi, pilihlah setingan dalam bahasa Indonesia, sehingga anda tidak mengalami kesulitan untuk memainkannya.

5.    Untuk permainannya, seperti yang dipaparkan di atas, caranya sama dengan bermain congklak dalam dunia offline, yaitu harus memasukkan semua biji ke dalam tujuh lubang kecil, di mana masing-masing lubang diisi dengan 7 biji.

6.    Namun, untuk permainan online, komputer sendiri yang mengatur penghitungannya.

7.    Selanjutnya, Anda tinggal memainkan permainan tersebut seperti pada dunia offline.

Ok, selamat mencoba permainan congklak online.

Selanjutnya : Fakta Keunggulan Kamera Nikon Dibanding Canon
Sebelumnya: Karakter Zodiak Aries
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar