Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Permainan dalam pembelajaran bahasa Inggris digunakan untuk mempermudah peserta didik dalam mempelajari materi-materi yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Inggris. Untuk peserta didik tingkat sekolah dasar kelas 1, 2, dan 3, pelajaran bahasa Inggris merupakan bentuk pelajaran yang abstrak. Tulisan dan lafal yang diucapkan memiliki perbedaan. Inilah yang membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris.

Aspek-aspek Penting dalam Desain Permainan

Setiap permaianan yang akan dilakukan dalam pembelajaran bahasa Inggis harus memerhatikan hal-hal berikut.

1. Usia Kematangan

Desain permainan dalam pembelajaran harus mempertimbangkan usia kematangan mental anak. Bila anak dalam kondisi belum mengalami kematangan mental, maka guru harus mendesain permainan yang sesuai dengan usia kematangan mental anak tersebut.

2. Kemampuan Berpikir Anak

Kemampuan berpikir menjadi hal yang perlu dipertimbangkan untuk menyusun rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam pembelaran. Ini juga akan memengaruhi jenis media yang digunakan untuk mendukung proses permainan dalam pembelajaran bahasa Inggris.

3. Tujuan yang Akan Dicapai

Dalam merancang permainan yang akan digunakan, guru ataupun tenaga pendidik harus membuat tujuan yang akan dicapai setelah anak melakukan permainan tersebut.

4. Aspek Penilaian

Jenis permainan yang dibuat oleh guru juga harus disesuaikan dengan aspek penilaian. Bila hanya sekadar bermain tanpa mempertimbangkan tujuan dan hasil akhir yang akan dicapai, maka aspek penilaian akan menjadi terbengkalai.

5. Keterampilan yang Dikuasai Guru

Guru harus memiliki banyak keterampilan dalam mengelola kelas dan membuat beberapa media kecil untuk mendukung desain permainan yang akan dibuat.

Contoh Permainan untuk pembelajaran bahasa Inggris

Nama permainan ini adalah ‘Mencari Surat Harta Karun Guru’. Permainan ini untuk menilai keempat aspek penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris, yaitu listening, speaking, reading dan writing. Permainan dalam pembelajaran bahasa Inggris ini dimulai dari guru terlebih dahulu menuliskan beberapa kata dalam kertas, kemudian ditimbun di halaman sekolah atau disimpan di tempat-tempat sekitar ruang kelas dan sekolah.

Cara permainannya yaitu guru membentuk peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil. Kemudian, guru membacakan sebuah cerita tentang surat harta karun yang dibuat sendiri oleh guru. Lalu, guru menyuruh peserta didik untuk mencari potongan-potongan surat harta karun yang ada di sekitar sekolah.

Setelah peserta didik menemukan surat harta karun, maka secara berkelompok menuliskan kembali isi dari surat tersebut dan membentuk sebuah cerita pendek satu atau dua paragraf. Kemudian, guru meminta mereka menceritakan isi cerita rangkaian surat harta karun tersebut didepan kelas. Permainan dalam pembelajaran bahasa Inggris ini sangat menyenangkan dan bisa memberi nuansa baru dalam belajar bahasa Inggris agar anak tidak cepat bosan.

Loading...
Selanjutnya : Tips Memilih Model Mesin Cuci
Sebelumnya: Tips Memakai Perban Cidera Lutut dengan Perban Berkualitas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar