Permainan di Acara Ultah Sederhana Anak-Anak


Uraian mengenai permainan di acara ultah sederhana anak-anak berikut ini, mungkin saja berguna bagi Anda. Permainan dalam pesta ulang tahun anak-anak harus menarik karena berkaitan dengan keterampilan motorik serta perkembangan sosial yang sudah semakin tumbuh. Berikut beberapa uraian mengenai permainannya:

1. Permainan nenek gerondong . Dalam permainan ini seorang anak ditunjuk menjadi nenek-nenek, serta berdiri menghadap ke tembok. Sementara itu, anak-anak lainnya berdiri dan berjajar di belakang si nenek namun agak jauh.

Lantas berilah instruksi kepada anak-anak untuk mendekati si nenek, namun secara perlahan-lahan dan tidak boleh bersuara. Komando bisa diucapkan dengan berbisik. Apabila si nenek sewaktu-waktu membalikkan wajah atau tubuhnya ke arah anak-anak, maka mereka harus segera menjadi patung. J

ika ada anak yang terlihat bergerak oleh si nenek, maka anak itu dianggap gugur. Anak yang paling cepat berpindah mendekati si nenek tanpa ketahuan, maka dialah yang menjadi pemenangnya.

2. Permainan memindahkan kismis. Dalam permainan ini perlu dipersiapkan kismis, kotak berukuran kecil, mangkuk, sumpit, dan kertas putih. Kemudian anak-anak dikondisikan untuk duduk di lantai dengan mendapatkan satu kotak kismis, mangkuk, sumpit, serta kertas putih.

Taburkan kismis di kertas putih, lantas mintalah anak-anak memegang sumpitnya. Kemudian mulailah lomba untuk memindahkan kismis dengan sumpit, satu per satu dari kertas ke mangkuk yang disediakan. Pemenangnya adalah anak yang paling cepat tanpa melanggar aturan.

3. Permainan semua sesuai urutan. Permainan ini akan mengajarkan anak untuk mendengar, memahami, serta menjalankan perintah. Anak-anak dibagi ke dalam beberapa kelompok, dengan anggota satu kelompok sekitar 6 orang. Minta setiap kelompok untuk bersiap-siap melaksanakan perintah.

Isi perintah, misalnya “Buat barisan dari yang tubuhnya paling pendek hingga yang paling tinggi!” Kelompok yang paling dahulu menjalankan instruksi tersebut, maka merekalah pemenangnya. Kemudian lakukan perintah selanjutnya dengan variansi yang berbeda.

Setelah waktu dirasa cukup, maka hitung total kelompok mana yang paling banyak menjadi pemenang. Kelompok yang paling banyak menjadi pemenang, maka didaulat menjadi juara umum.

Demikian beberapa permainan di acara ultah sederhana anak-anak yang bisa dilakukan. Semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi, khususnya dalam mempersiapkan permainan untuk buah hati kesayangan Anda di rumah.

Selanjutnya : Macam-macam Alat Musik Dangdut
Sebelumnya: Kumpulan Situs Movie di Jagad Maya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar