Permainan Kelompok Psikologi


Permainan kelompok psikologi seringkali dilakukan di sekolah-sekolah saat Masa Orientasi Siswa atau diterapkan di acara outbound dan gathering perusahaan, instansi yang bertujuan membina kerjasama antar siswa atau para karyawan serta melatih peserta untuk menganalisa suatu masalah dengan cepat, tepat dan terarah.

Menariknya sesuai dengan namanya, permainan kelompok psikologi ini dilakukan dalam suasana riang gembira, pesertanya tidak merasa sedang melalukan latihan pemikiran yang menguras emosi, ketika tenaga mulai terkuras atau emosi mulai tidak stabil karena kelelahan dalam melakukan permainan tertentu maka panitia yang terkait dapat mengganti jenis permainan dengan yang lebih santai untuk melakukan relaksasi.

Contoh Permainan Kelompok Psikologi

Permainan kelompok psikologi banyak ragamnya, beberapa contoh yang sering diterapkan dalam acara tertentu adalah :

a.    Menghubungkan sedotan menjadi jembatan

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok diberi jatah beberapa potong sedotan, dalam jangka waktu yang ditentukan kelompok-kelompok tersebut harus menyerahkan sedotan yang telah dihubung-hubungkan membentuk tali atau jembatan.

Tujuan dari permainan ini adalah melatih kecepatan berpikir, mempererat kerjasama antar anggota kelompok, melatih mengambil keputusan dengan cepat dan tepat namun tetap mempertimbangkan masukan atau opini orang lain serta melatih sikap bijak, fairplay ketika mengalami kegagalan.

b.    Menggambar bersama

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari lima orang, setiap anggota kelompok diberi nomor urut 1 sampai 5. Setiap satu menit, masing-masing anggota diberikan kesempatan untuk menggambar suatu bentuk dan dilanjutkan secara estafet oleh urutan berikutnya tanpa diperbolehkan menginformasikan benda apa yang ingin digambarkan oleh masing-masing anggota. Tujuan dari permainan ini adalah melatih anggota kelompok untuk menghargai proses kerjasama dan menghormati opini anggota kelompok lainnya

c.    Menyusun batang korek api

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang beranggotakan tujuh hingga sepuluh orang dan diatur untuk berbaris ke belakang. Beberapa batang korek api dibagikan ke masing-masing kelompok dan satu persatu anggota kelompok diharuskan menyusun batang korek api serapi mungkin di dalam botol kecil hingga waktu habis. Tujuan permainan ini adalah melatih ketepatan berpikir yang melibatkan kerja kelompok serta merangsang kreativitas.

Permainan kelompok psikologi ini tidak terbatas pada jenis permainan yang mengandalkan kemampuan berpikir dan stamina yang terjaga namun juga dapat menggali bakat-bakat seni tersimpan yang mungkin ada dalam diri peserta tanpa disadari.

Selanjutnya : Cara Menghadapi Pasien Depresi
Sebelumnya: Alasan Mengapa Manusia Memerlukan Sosialisasi dalam Kehidupan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar