Tiga Contoh Permainan Pramuka Siaga dalam Ruangan


Permainan pramuka siaga dalam ruangan dapat menjadi pilihan saat musim hujan. Tetapi, bukan berarti hanya dilakukan pada musim hujan. Permainan-permainan ini dapat dilakukan pada latihan pramuka kapan saja sebagai variasi, tidak selalu berpencar di luar ruangan. Berikut ini tiga permainan pramuka siaga dalam ruangan.

Menebak Benda

Siapkan beberapa benda yang memiliki tekstur dan bentuk berbeda-beda. Contohnya, sendok, kain, kertas, daun, dan lain-lain. Para anggota pramuka siaga berkeliling membentuk lingkaran. Masing-masing anggota pramuka siaga diberi kesempatan menempelkan benda di tengkuk teman sebelahnya. Kemudian, meminta temannya menebak benda apa yang ada di tengkuknya. Jika tebakannya benar, semua anggota siaga bertepuk tangan.  Jika ruangan yang dipakai adalah ruangan kelas yang penuh dengan kursi dan meja, posisi teman yang diminta menebak benda sebaiknya membelakangi semua teman-teman. Misal, menghadap ke papan tulis di depan kelas.

Tebak Kata Sifat

Permainan ini juga dapat dilakukan di dalam ruangan. Dengan melakukan permainan ini, siaga dilatih untuk membentuk sifat positif. Selain itu juga dapat meningkatkan pengetahuan. Caranya, pembina menyiapkan beberapa kata sifat. Berkaitan dengan beberapa kata sifat tersebut, pembina mempersiapkan gambar-gambar, lagu, video, atau cerita yang menarik.

Tahapan permainannya, pembina memilih dua kelompok. Kelompok pertama menyajikan kata sifat, sedangkan kelompok kedua menebak kata sifat yang disajikan oleh kelompok pertama. Jika kelompok kedua berhasil menebak akan menyajikan kata sifat untuk kelompok ketiga. Begitu seterusnya. Pada akhirnya dipilih beberapa pemenang yang akan mendapat hadiah atau penghargaan.

Bercermin

Contoh terakhir permainan pramuka siaga dalam ruangan adalah bercermin. Permainan ini dilakukan berpasang-pasangan. Permainan ini digunakan agar siaga dapat memahami perasaan orang lain yang mengikutinya. Caranya, siaga memilih pasangan masing-masing. Tiap pasangan berdiri berhadap-hadapan dengan jarak kira-kira satu jengkal. Siaga yang satu melakukan gerakan, kemudian pasangannya mengikuti dengan gerakan yang sama.

Pada tahapan pertama, salah satu siaga mengangkat tangannya kemudian menggerakkan sesuka hati. Pasangan mengikuti layaknya cermin. Tahapan kedua, masih bercermin tapi kali ini kedua tangan bersentuhan dengan lembut. Tahapan ketiga, kedua tangan dirapatkan dengan kuat, tetap menuntun mengikuti bergantian.

Masih banyak lagi pilihan permainan pramuka siaga dalam ruangan. Sebenarnya, tidak ada pengklasifikasian secara khusus permainan apa saja yang dapat dilakukan di dalam ruangan. Permainan pramuka apa saja sebetulnya dapat dilakukan dalam ruangan asalkan permainan tersebut tidak memerlukan ruang gerak yang luas.

Selanjutnya : Pertanyaan tentang Mpin CIMB Clicks
Sebelumnya: Reputasi Bhinneka.com Memuaskan! Situs Jual Beli Online Terbesar di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar