Permainan untuk Siaga Pramuka


Permainan untuk kalangan Siaga Pramuka biasanya dilakukan setelah kegiatan belajar berlangsung. Pada umumnya, permainan untuk Siaga Pramuka dilakukan oleh kalangan siswa sekolah atau bahkan mahasiswa pemula yang sedang mengikuti UKM Pramuka. Seiring dengan berkembangnya zaman, permainan dalam Siaga Pramuka tetap eksis mempertahankan keseniannya. Permainan ini tidak hanya sebagai hiburan semata akan tetapi juga bermanfaat mengasah keterampilan bagi anggotanya. Beberapa contoh permainan untuk kalangan siaga pramuka antara lain bintang berpindah, rantai nama, outbond, dan api unggun.

Bintang Berpindah

Jenis permainan pertama adalah permainan bintang berpindah, yaitu permainan yang terdiri atas regu. Regu tersebut berpasang-pasangan. Setiap pasangan memiliki jarak tiga meter dari pasangan lainnya. Salah seorang dari pasangan masing-masing akan berjalan menuju ke tengah lingkaran. Kakak pembina memilih kedua orang tersebut dari regu A dan regu B. Seorang dari regu A mulai berusaha menempel pada pasangan di depannya.

Akan tetapi, seorang dari regu B akan berusaha menepuk A. Menepuk lawan dilakukan sebelum menempel salah satu pasangan yang ada setelah aba-aba dikeluarkan oleh kakak pembina. Orang yang ditepuk akan menambah nilai 1 dan yang ditepuk akan berkurang 1. Permainan ini bermanfaat untuk melatih ketangkasan.

Outbond

Jenis permainan lain yang dapat digunakan sebagai contoh adalah permainan outbond. Outbond dapat melatih kekompakan tim, kekeluargaan, dan kebersamaan dalam bekerja sama memecahkan suatu tantangan. Dari permainan tersebut kita dapat mengetahui karakteristik seseorang secara langsung antara karakter yang berani, tangkas, cerdas, berkemimpinan, bahkan yang manja sekalipun.

Api Unggun

Permainan api unggun biasanya diselenggaraakan ketika acara telah usai. Permainan api unggun mengajarkan kita untuk menyalurkan bakat, seni, dan berapresiasi untuk menghibur peserta yang lain. Kebersamaan, ketangkasan, dan keberanian merupakan unsur utama yang penting dalam permainan Pramuka untuk Siaga.

Rantai Nama

Jenis permainan yang berikutnya adalah rantai nama. Dalam permainan ini, peserta pertama menyebutkan nama, profesi, dan kota asal. Peserta lain yang berada di samping peserta pertama menyebutkan nama, profesi, dan kota asal peserta pertama dan identitasnya sendiri. Berikut seterusnya hingga peserta terakhir dapat menyebutkan identitas para peserta dan namanya sendiri secara bersama-sama. Ditutup dengan menyebutkan semua identitas peserta secara bersama-sama. Jika kompak maka peserta dapat mengenal satu sama lain.

Demikianlah artikel mengenai permainan untuk Siaga Pramuka. Tak ada salahnya jika kita mencobanya saat berlibur bersama saudara, teman, dan sanak famili agar tercipta keakraban yang erat.

Selanjutnya : Definisi Musim Kemarau dan Dampaknya Terhadap Banyak Hal
Sebelumnya: Undang Undang Semua tentang Perpajakan di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar