Berbagai Permasalahan Sosial Dalam dan di Luar Institusi Pendidikan

Berbagai permasalahan sosial dalam dan di luar institusi pendidikan sangat penting diketahui siapa saja karena pendidikan dalam sebuah negara diibaratkan sebagai jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh. Pendidikan yang baik juga harus dibarengi dengan keadaan institusi yang kondusif, namun apa jadinya jika sebuah institusi pendidikan malah dipenuhi dengan masalah yang tidak kunjung usai, baik masalah internal maupun masalah eksternal. institusi pendidikan merupakan pihak penyelenggara pendidikan, dan masalah institusi pendidikan merupakan masalah yang harus kita hadapi bersama, bukan semata menjadi PR bagi pemerintah.

Berbagai Permasalahan Sosial Dalam dan di Luar Institusi Pendidikan yang Krusial

Loading...

Banyak negara berlomba-lomba memajukan taraf pendidikannya agar menjadi negara maju. Karena modal terbesar yang kita butuhkan dalam memajukan negara bukan hanya sumber daya alam yang melimpah, tetapi harus dan wajib dibarengi dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Masalah institusi pendidikan salah satunya yang paling krusial adalah korupsi. Bahkan parahnya, penyakit birokrasi yang satu ini malah semakin melebarkan sayap dan merambah segala bidang.

Masalah korupsi merupakan masalah yang tak kunjung usai dan menjadi masalah internal institusi yang sangat urgent untuk diselesaikan segera. Kondisi negeri ini yang telah dijangkiti penyakit korupsi malah semakin akut dan sangat sulit disembuhkan. Berbagai permasalahan sosial dalam dan luar institusi menjadi tanggung jawab kita bersama. Begitu pun masalah luar institusi seperti tidak tersedianya sumber daya yang berkualitas untuk mengisi kekosongan dalam institusi pendidikan. Kita butuh pemikiran yang baru dan segar, maka kita butuh lebih banyak sumber daya manusia yang berkualitas.

Berbagai Permasalahan Sosial Dalam dan di Luar Institusi Pendidikan tentang Karakter Siswa

Selain korupsi, sebenarnya masih banyak masalah-masalah lain dalam institusi pendidikan yang tidak boleh dibiarkan. Masalah lainnya yaitu erat kaitannya dengan karakter siswa. Selama ini pendidikan kita hanya seolah mengajarkan, bukan mendidik, artinya lebih matang dalam pengetahuan dari pada karakter siswa itu sendiri. Kini contohnya banyak kasus kenakalan remaja yang hampir terjadi di setiap sekolah di Indonesia.

Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, bukan hanya sekolah yang wajib menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa. Memang ini menjadi masalah internal institusi pendidikan, tetapi karena terbentuknya karakter juga bukan hanya dipengaruhi oleh pendidikan melainkan juga dipengaruhi oleh lingkungan dan keluarga, maka ini juga masalah eksternal yang menjadi tanggung jawab kita bersama. Bagaimanapun, berbagai permasalahan sosial dalam dan di luar institusi pendidikan dalam bentuk apapun menjadi pekerjaan rumah bagi kita bersama.

Loading...
Selanjutnya : Proses Burning CD atau DVD Menggunakan Software Nero
Sebelumnya: Ciri Pohon Induk yang Bagus Untuk Dijadikan Bibit Cangkok
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar