Permasalahan yang Terjadi di Masyarakat Madani


Belakangan istilah masyarakat madani mulai kerap terdengar diucapkan oleh para budayawan, politikus, sastrawan, dan berbagai cendekiawan dengan aneka latar belakang lainnya. Masyarakat madani sendiri merupakan gambaran masyarakat yang ideal, serta menjadi cita-cita untuk dapat diwujudkan di Indonesia. Namun permasalahan yang terjadi di masyarakat madani tentu juga kompleks, sehingga mewujudkannya butuh kerja keras dan usaha semua lapisan masyarakat.

Masyarakat madani asalnya dari kisah sejarah Islam ketika Rasulullah berhijrah dari Mekah ke Madinah dan membangun masyarakat yang lebih baik dengan sistem pemerintahan Islam. Kota Madinah sendiri sebelum Rasulullah hijrah bernama Kota Yatsrib. Setelah Rasulullah hijrah dan sementara menetap di Kota Yatsrib, peradaban baru dibentuk dengan Rasulullah SAW yang menjadi pemimpin.

Asal kata madinah sendiri adalah ‘Madaniyah’ (Arab), yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘peradaban yang tinggi’ (Nurcholis Majid). Sebab itulah istilah masyarakat madani muncul, yang diasosiasikan pada era zaman Rasulullah memimpin Yatsrib dan menjadi masyarakat dengan peradaban tinggi atau Madaniyah.

Padanan kata dari masyarakat madani yang digunakan di Indonesia sebenarnya berasal dari istilah Inggris yaitu civil society. Bisa juga diterjemahkan sebagai masyarakat beradab, berbudaya, dan masyarakat sipil yang teratur.

Permasalahan yang Terjadi dalam Membentuk Masyarakat Madani

Pada perwujudannya, masalah yang dihadapi untuk membentuk masyarakat madani di Indonesia cukup banyak, di antaranya adalah:

  1. Sumber daya manusia yang kualitasnya masih belum cukup memadai sebab tingkat pendidikan yang belum merata.
  2. Pemahaman politik yang masih rendah, terutama pada masyarakat dengan pendidikan rendah atau yang berada di pelosok.
  3. Kondisi ekonomi yang masih sering bergejolak, tidak stabil dan belum merata di kota serta desa
  4. Tingkat pengangguran yang masih tinggi, lapangan pekerjaan yang belum mampu menyerap semua tenaga produktif di Indonesia

Mencapai masyarakat madani biasanya ditekankan pada upaya meningkatkan taraf perekonomian sebuah masyarakat, serta pendidikannya. Peningkatan keadilan dengan menyamaratakan hak semua individu di mata hukum, juga ciri dari masyarakat madani.

Mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat madani adalah cara yang harus ditempuh terlebih dahulu, sebelum cita-cita mulia itu dapat terwujud di Indonesia.

Selanjutnya : Tujuan Organisasi Secara Umum Dalam Berbagai Bidang
Sebelumnya: Mencari Tempat Belanja di Jogjakarta Untuk Liburan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar