Menggelar Pernikahan Sederhana Pesta Kebun

Banyak pasangan yang baru mengikat janji mengadakan syukuran dengan cara menggelar pernikahan sederhana pesta kebun. Alasan tersebut dipilih pasangan pengantin biasanya untuk menghindari pengeluaran biaya yang terlalu besar. Pilihan resepsi yang diadakan di halaman rumah maupun di sebuah kebun kecil menjadi alternatif yang jitu untuk merayakan dan mengabadikan momen terindah dalam perjalanan hidup mereka.

Pernak-pernik Pesta Pernikahan

Loading...

Di dunia ini mungkin dapat dihitung atau diperkirakan bahwa sedikit sekali orang yang menikah tanpa mengadakan syukuran atau resepsi. Resepsi atau pesta syukuran merupakan sebuah ungkapan menaburkan kebahagiaan bagi pasangan yang menikah. Bahkan dalam ajaran agama Islam, Nabi Muhammad pernah berpesan bahwa setelah akad nikah hendaknya diadakan walimahan atau syukuran.

Walimahan adalah mengundang beberapa orang untuk berkumpul dalam pembacaan doa bersama dan menikmati hidangan ala kadarnya. Anjuran Nabi Muhammad ini tentu tidak berlebihan, karena menikah merupakan suatu bentuk ibadah. Resepsi, syukuran, atau walimahan, sesungguhnya bertujuan baik, yaitu untuk mendapat dukungan atau restu dari orang-orang di sekitarnya dan menginformasikan adanya hubungan kekerabatan baru yang terbentuk.

Adapun bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, tidak afdol rasanya menikah tanpa adanya resepsi. Istilah raja dan ratu sehari biasa disematkan pada pasangan pengantin baru yang mengadakan resepsi. Baju pengantin, seperangkat hantaran lamaran, prosesi upacara adat, merupakan pernak-pernik pesta pernikahan. Pada kenyataannya, bila sudah menyangkut adat istiadat, pesta pernikahan mau tak mau harus dilakukan sebagai tanda syukur.

Bagi orang yang berkantung tebal, pada umumnya menyerahkan acara pesta pernikahannya kepada pihak event organizer atau jasa pengadaan acara. Resepsi, syukuran, atau walimahan pernikahan umumnya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, banyak juga yang menyiasati soal biaya ini dengan memilih pesta pernikahannya di rumah, kebun, ataupun restoran kecil yang terjangkau.

Berpesta Kebun

Banyak pasangan pengantin yang sudah tidak menginginkan menggelar resepsinya di dalam gedung. Selain sewa gedung yang mahal, biasanya menyewa gedung harus dilakukan 6 atau 3 bulan sebelum tanggal pernikahan. Menikah dengan menggelar resepsi di luar ruangan menjadi solusi yang bagus agar tidak terjadi pembengkakan bujet pernikahan. Uniknya lagi, udara yang terbuka sangat bagus mengakrabkan para tamu undangan dan keluarga mempelai.

Pesta kebun pada umumnya bersifat pribadi dan nonformal. Biasanya, kursi dan meja tamu undangan juga tidak terlalu banyak disediakan. Berbeda dengan resepsi di dalam gedung atau rumah, di pesta kebun biasanya pasangan pengantin yang mendatangi tamu undangan satu per satu.

Bagi Anda dan pasangan yang menginginkan resepsi dengan penuh keakraban dan kekeluargaan, mungkin solusinya adalah menggelar pernikahan sederhana pesta kebun. Halaman rumah pribadi atau taman yang bisa disewa, dapat didekor menjadi tempat pernikahan yang sakral dan penuh kehangatan. Selain itu, pilihan resepsi pernikahan bertemakan pesta kebun dapat membantu pasangan yang baru membangun rumah tangga, terutama dari segi perekonomian.

Loading...
Selanjutnya : Yuk Belanja Pakaian Grosir Bandung
Sebelumnya: Mengenal Nama Alat-alat Ukur dan Fungsinya dalam Otomotif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar