Perpotongan Antara Baris dan Kolom Pada Ms. Excel


Apa yang dimaksud dengan perpotongan antara baris dan kolom pada Ms. Excel?

Aplikasi Microsoft Excel atau Ms. Excel merupakan sebuah aplikasi yang menjadi bagian dari Microsoft Office. Aplikasi ini berfungsi untuk mengolah angka, membuat grafik, diagram dan fungsi-fungsi lainnya yang berkaitan dengan angka, misalnya saja untuk membuat laporan keuangan.

Nah, dalam penggunaan aplikasi ini ada banyak istilah yang digunakan. Contohnya saja istilah sel yang merupakan perpotongan antara baris dan kolom pada Ms. Excel. Pada Ms. Excel sel ditunjukkan dengan menggunakan kode huruf dan angka. Misalnya saja sel C11 menunjukkan perpotongan antara kolom C dan baris ke-11.

Istilah Ms. Excel

Selain sel yang memiliki arti perpotongan antara baris dan kolom pada Ms. Excel, masih ada beberapa istilah lainnya. Berikut ini beberapa istilah yang sering ditemui pada penggunaan aplikasi Ms. Excel.

•    Worksheet

Worksheet adalah lembar kerja pada aplikasi Ms. Excel. Di dalam worksheet ini terdapat kolom dan baris. Kolom-kolom ditandai dengan menggunakan huruf yakni A, B, C dan seterusnya. Seluruh kolom pada Ms. Excel berjumlah 256 buah. Sedangkan baris pada worksheet berjumlah 16.384 dan ditandai dengan angka mulai dari angka 1, 2, 3 dan seterusnya.

•    Workbook

Bila diartikan secara sederhana, workbook berarti buku kerja. Workbook ini berisi kumpulan worksheet yang berjumlah 256 worksheet. Masing-masing worksheet diberi label berdasarkan angka yakni Sheet 1 hingga Sheet 256.

•    Range

Range terdiri atas sekelompol sel yang hendak diberi perintah tertentu oleh pengguna Ms. Excel. Range ini diberi nama berdasarkan sel awal dan sel akhir. Misalnya saja range A47 artinya range tersebut dimulai dari sel A4 hingga sel D7.

•    Formula bar

Bagian ini berfungsi sebagai tempat untuk memasukkan formula atau rumus Ms. Excel.

Fungsi Ms. Excel

Selain istilah-istilah seperti sel yang berarti perpotongan antara baris dan kolom pada Ms. Excel, aplikasi ini juga begitu lekat dengan fungsi. Fungsi adalah rumus-rumus khusus yang digunakan dalam Ms. Excel untuk melakukan penghitungan. Berikut ini beberapa fungsi pada Ms. Excel.

•    Fungsi Average: fungsi untuk mencari nilai rata-rata

•    Fungsi Var: fungsi untuk menentukan nilai variance dalam suatu range

•    Fungsi Count: fungsi untuk menghitung jumlah data dari suatu range

•    Fungsi Sum: fungsi untuk menjumlah sekumpulan data yang terdapat dalam suatu range

•    Fungsi Min: fungsi untuk menentukan nilai terendah dari sekumpulan data

•    Fungsi Max: fungsi untuk menentukan nilai tertinggi dari sekumpulan data

Nah, daftar istilah dan fungsi di atas hanyalah sedikit contoh istilah dan fungsi yang terdapat dalam aplikasi Ms. Excel. Memahami sedikit demi sedikit istilah dan fungsi tersebut akan memudahkan dalam penggunaan aplikasi Ms. Excel.

Selanjutnya : Cerita Terakhir Yu Gi Oh yang Tak Pernah Berakhir
Sebelumnya: Macam-macam Bakteri Lactobacillus SP
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar