Letak Perpustakaan Pusat Jawa Barat

Perpustakaan Pusat Jawa Barat merupakan salah satu perpustakaan modern yang sangat nyaman. Perpustakaan yang terletak di jalan Kawaluyaan Indah II No.4 Bandung Jawa Barat ini jauh dari kesan tentang perpustakaan selama ini. Gambaran perpustakaan dengan tata ruang monoton, meja kursiĀ  saling berhadapan dengan rak buku penuh dengan koleksi lama sedikit berdebu seketika musnah dari bayangan.
Perpustakaan kebanggan warga Jawa Barat ini lebih mirip sebuah kafe daripada perpustakaan sehingga pengunjung pasti betah meski harus berlama-lama membaca koleksi bukunya.

Sejarah perpustakaan Jawa Barat ini bermula dari diterbitkannya Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 22 Tahun 2008 yang mengatur organisasi dan tata kerja inspektorat, Lembaga teknis daerah, Satuan Polisi Pamong Praja dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan PERDA tersebut maka dibentuklah BAPUSPIDA (Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah) Provinsi Jawa Barat yang terbentuk dari penggabungan Badan Perpustakaan Daerah (BAPUSDA) dan Badan Kearsipan Daerah (BASIPDA) dan berkantor pusat di jalan Soekarno Hatta.

Dalam perkembangannya Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No.22 Tahun 2008 ini disempurnakan oleh Peraturan Daerah No.15 Tahun 2011 yang mengatur perampingan struktur BAPUSPIDA dari semula tujuh menjadi lima bidang yaitu bidang pengelolaan kearsipan, akuisisi dan pelestarian, layanan otomasi perpustakaan dan kearsipan, deposit layanan dan pengolahan bahan pustaka serta pemberdayaan perpustakaan dan pengembangan budaya baca.

Fasilitas Perpustakaan Jawa Barat

Pada Tahun 2013 Perpustakaan pusat Jawa Barat mencanangkan diri sebagai PBI atau Perpustakaan Bertaraf internasional. Konsep PBI yang membedakan dengan perpustakaan umum lainnya adalah konsep kawasan terpadu yaitu menjadikan perpustakaan sebagai tempat belajar dan tempat bermain anak-anak. Dengan konsep ramah anak, desain interior yang cozy, teknologi canggih sebagai pelengkap fasilitas membantu mengenalkan fungsi dan manfaat perpustakaan sejak usia dini. Syarat menjadi anggota perpustakaan cukup mudah yaitu dengan membawa fotokopi KTP atau fotokopi KTP orang tua bagi yang belum berusia 17 tahun serta empat lembar pas foto terbaru berukuran 2×3 cm.

Fasilitas Perpustakaan Pusat Jawa Barat sebagai PBI terdiri dari buku tamu yang dapat diakses online, ruang pendaftaran untuk anggota, bibliografi nasional dan daerah, katalog nasional dan daerah, ruang baca untuk anak, ruang baca untuk remaja, ruang baca dewasa, ruang baca untuk rujukan pemerintah, ruang bacaaan untuk terbitan berkala, indeks artikel majalah dan surat kabar, ruang audio dan visual, ruang internet, multimedia dan training, area free wi-fi, ruang diskusi.

Perpustakaan dengan koleksi buku cukup lengkap dari novel anak, picture book, novel remaja hingga berbagai ensiklopedia ini dibuka untuk umum dari hari Senin hingga Sabtu dari jam delapan pagi hingga pukul setengah empat sore (Senin-Kamis) dan hingga tiga sore (Jumat/Sabtu) . Setiap hari Minggu perpustakaan ini menghadirkan mobil perpustakaan yang siap keliling di lapangan Tegalega atau halaman SABUGA setiap pukul enam pagi hingga dua belas siang.

Loading...
Selanjutnya : Apa Saja Persiapan Sebelum Melakukan Facial?
Sebelumnya: Kesibukan Ayah dan Ibu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar