Mengamati Persaingan Metro TV dan TVOne

Di Indonesia saat ini terdapat beberapa stasiun televisi yang   menjadikan berita atau news sebagai produk sajian utama. Contohnya adalah  stasiun televisi TV One dan MetroTV. Sehingga wajar  jika terjadi persaingan Metro TV dan TV One dalam menjaring target pemirsa.

Metro TV

Metro TV dengan taglinenya  “knowledge to elevate” memiliki visi untuk menjadi sebuah stasiun televisi yang  beda. Tak heran jika metro tv bisa menjadi salah satu stasiun televisi berita  di Indonesia  dengan peringkat nomor satu.

Selain itu Metro TV juga menawarkan kualitas tayangan di dalam program hiburan dan informasi mengenai gaya hidup. Metro TV memiliki tayangan berita cepat yang dikenal dengan Headline News.

Dengan jumlah pemancar sebanyak 48 pemancar,  Metro TV bisa dianggap lebih unggul  dalam meraih para pemirsa dari seluruh daerah Indonesia. Apalagi mereka juga live selama 24 jam setiap hari sehingga penonton yang tidak bisa menikmati acara pemberitaan di siang hari mereka bisa menontonnya di malam hari.

Jika dilihat dari  setting program, Metro TV terlihat lebih menyasar penonton yang  spesifik. Perhatikan saja ucapan anchor atau presenter berita Metro TV di akhir acara, anchor selalu mengucapkan kalimat penutup yang sama disertai pengucapan serta gaya bahasa yang formal.

TV One

Tak mau kalah, TV One yang terhitung masih baru dikancah program berita lalu tampil dengan tagline mereka “terdepan mengabarkan”. Dimana TV One mengandalkan “Kabar Terkini” sebagai nama untuk siaran beritanya. TV One juga melakukan siaran selama 24 jam nonstop setiap harinya.

Sedangkan untuk TV One, dari susunan kata serta gaya bahasa yang dipakai oleh para anchor, akan terlihat bahwa TV One berusaha  menampilkan sebuah berita dengan lebih ringan. Asumsinya adalah  berita juga bisa dinikmati  oleh semua kalangan, sehingga  TV One dengan cara ini berusaha untuk mendapatkan  audience yang banyak. Dan ini sejalan dengan  visi TV One yang bertujuan mencerdaskan seluruh lapisan masyarakat.

Kompetisi yang Menarik

Kompetisi di antara dua stasiun televisi ini  menarik untuk dicermati. Dimana sebagaimana kita semua pahami bahwa media memiliki pengaruh besar di dalam kehidupan bermasyarakat. Media bisa dianggap sebagai sebentuk kunci dalam perkembangan masyarakat era modern.

Stasiun televisi bersama media beritanya,  mempresentasikan diri sebagai menjadi ruang publik  utama yang  mampu ikut serta menentukan dinamika sosial, budaya,  ekonomi  dan politik. Baik untuk  tingkat lokal ataupun tingkat internasional. Itulah ulasan mengenai Persaingan Metro TV dan TV One dalam kancah pertelevisian, semoga dapat menambah wawasanda pengetahuan Anda.

Loading...
Selanjutnya : Jodoh dan Sifat Shio Macan
Sebelumnya: Apa Saja Keistimewaan Kesedekah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar