Persamaan Akuntansi untuk Pembuatan Neraca dan Laporan Laba Rugi


Persamaan akuntansi seringkali disebut sebagai “accounting equation”, adalah bentuk penerapan prinsip akuntansi dengan dasar pencatatan yang digunakan adalah catatan berpasangan (double entry system), sehingga jumlah debit (D) selalu seimbang dengan kredit (K). Neraca dan laporan laba rugi ini digunakan oleh tiap perusahaan untuk melihat perubahan modal yang ada, sehingga mereka mengetahui keuntungan yang telah di dapat oleh perusahaan.

Dalam pembuatan neraca dan laporan laba rugi biasanya menggunakan persamaan akuntansi sebagai berikut:

BEBAN + HARTA =UTANG + MODAL +PENDAPATAN

Beban dan Harta bersaldo normal Debit (D), sedangkan utang, modal, dan pendapatan bersaldo normal Kredit (K). Penjelasan dari persamaan akuntansi ini, yaitu:

Harta merupakan benda yang dimiliki oleh perusahaan, baik benda yang berwujud atau berwujud semu. Dimana harta tak berwujud ini akan memberi manfaat di masa datang, dan klaim terhadapnya disebut ekuitas / equities. Jenis-jenis harta ini, yaitu Harta Lancar, Harta Investasi, Harta Tak Berwujud, Harta Tetap dan Harta Lainnya.

Hutang merupakan kewajiban yang dimiliki oleh perusahaan kepada pihak ketiga yang harus dilunasi pada waktu yang disepakati, umumnya berupa pembayaran uang, penyerahan barang maupun jasa. Terdiri dari Hutang Lancar, Hutang Jangka Panjang / Long-Term Liabilities, dan Hutang lain-lain

Modal merupakan hak milik dari sebuah perusahaan terhadap kekayaan dan harta perusahaan dengan bentuk hutang yang tidak terbatas kepada pemilik modal dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Jenis-jenis modal ini antara lain, prive, modal disetor, modal komanditer, laba ditahan, agio saham, saham preferen dan biasa, simpanan-simpanan, Sisa Hasil Usaha atau SHU, dan lainnya.

Pendapatan (revenues) adalah beban dari langganan yang dibayarkan kepada suatu perusahaan dari barang dan jasa yang di jual. Adanya pendapatan ini menjadi arus masuk harta dari kegiatan penjualan barang dan jasa suatu perusahaan yang akan menyebabkan kenaikan modal (equity) diluar dari kontribusi penanam modal.

Di dalam persamaan akuntansi ini, Harta, utang, dan modal menjadi unsur neraca, sedangkan Pendapatan (revenues )dan beban (exspences) menjadi unsur dari laporan rugi laba. Sehingga persamaan pada akuntansi ini terdiri dari unsur neraca dan unsure laporan rugi laba.

Selanjutnya : Beberapa Tahapan Analisis Kualitatif dalam Penelitian Ilmu-ilmu Sosial
Sebelumnya: Gambar Rambut Menurut Bentuk Tubuh Ideal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar