Mengenal Persamaan Fauna Malaysia dengan Indonesia

Indonesia dan Malaysia populer dengan sebutan sebagai negara serumpun, yang memiliki banyak kemiripan, antara lain dalam bahasa dan budaya. Namun, kemiripan Indonesia dan Malaysia tidak sebatas pada kedua hal ini. Sebagai dua negara yang secara geografis berdekataan, kedua negara juga memiliki persamaan dalam hal lingkungan alam, termasuk dalam persebaran flora serta fauna. Persamaan fauna Malaysia dengan Indonesia ada sama-sama fauna bertipe Asiatis.

Selama ini kita mungkin mengenal gajah, beruang madu, harimau, badak, dan burung beo sebagai fauna khas Indonesia. Namun, sesungguhnya janis-jenis satwa tersebut merupakan bagian dari satwa Ausiatis (satwa tipe Asia), yang tidak hanya hidup di Indonesia, tetapi juga hidup di berbagai kawasan.

Loading...

Fauna Asiatis tersebar di kawasan Benua Asia bagian Selatan, meliputi Indonesia (Sumatera, Jawa, Kalirnantan, dan Bali), pegunungan Himalaya, India, Sri Lanka, Semenanjung Melayu (bagian Selatan Myanmar, bagian Selatan Thailand, Malaysia Barat, dan Singapura), dan Filipina. Contoh fauna Asiatis, antara lain siamang, gajah, badak, orang utan, burung merak ajah, kijang, kancil, trenggiling, harimau, beruang madu, burung beo, dan bekantan/kera.

Selain persebaran fauna Asiatis, Indonesia masih memiliki dua lagi tipe persebaran fauna, yaitu fauna Australis dan fauna peralihan. Fauna Australis tersebar di wilayah Indonesia bagian Timur, yang meliputi Irian Jaya dan pulau-pulau di sekitarnya. Fauna yang tersebar di wilayah ini memiliki kesamaan dengan binatang-binatang yang tersebar di Benua Australia. Contoh fauna Australis, antara lain kanguru, kuskus, burung cendrawasih, kasuari, jenis-jenis burung lainnya, reptil, dan amphibi. Sedangkan, fauna peralihan tersebar di Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Contoh faunanya, antara lain anoa, babi rusa, kuskus, tapir (kerbau liar), biawak, dan komodo.

Ciri Umum Fauna Asiatis

Ciri-ciri umum fauna Asiatis yang membedakannya dengan fauna Australis, antara lain sebagai berikut:

  1. Hewan menyusui besar dan kecil.
  2. Tidak terdapat hewan berkantung.
  3. Terdapat aneka jenis kera.
  4. Hanya terdapat sedikit jenis burung berwarna.
  5. Terdapat aneka jenis gajah dan kucing liar.
  6. Terdapat banyak jenis ikan air tawar.

Itulah jenis dan ciri-ciri fauna Asiatis. Fauna yang sekaligus menjadi persamaan fauna Malaysia dengan Indonesia.

Loading...
Selanjutnya : Sejarah Singkat Sunan Giri
Sebelumnya: Lebih Tahu tentang Sayur Brocoli
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar