Persebaran Iklim di Dunia


Iklim merupakan keadaan rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang pada suatu lokasi di dunia. Persebaran iklim di dunia berkaitan dengan posisi garis lintang dan ketinggiannya di permukaan suatu planet, dalam hal ini Bumi. Berdasarkan posisi garis lintang dan ketinggian tersebut, maka ada dua macam iklim, yaitu iklim fisis dan matahari.

Iklim Fisis

Iklim fisis adalah iklim yang mengacu pada fakta atau keadaan sebenarnya di suatu wilayah muka bumi yang merupakan pengaruh lingkungan alam pada wilayah tersebut. Misalnya, pengaruh angin, curah hujan, daratan yang luas, lautan, dan relief muka bumi. Pembagian pada iklim fisis ini adalah sebagai berikut.

  • Iklim maritim atau iklim laut
  • Iklim kontinen atau iklim darat
  • Iklim dataran tinggi
  • Iklim gunung
  • Iklim muson atau iklim musim

Iklim Matahari

Iklim ini mengacu pada jumlah sinar matahari yang diterima permukaan bumi. Pembagian iklim fisis ini adalah sebagai berikut.

  • Iklim tropis yang terletak dari 0 derajat hingga 23,5 derajat lintang utara atau lintang selatan. Wilayah ini mencakup hampir 40% dari permukaan bumi yang berada di sekitar daerah khatulistiwa.
  • Iklim subtropis yang terletak dari 23,5 derajat hingga 40 derajat lintang utara atau lintang selatan. Daerah ini adalah peralihat antara iklim tropis dan iklim sedang.
  • Iklim sedang yang terletak dari 40 derajat hingga 66,5 derajat lintang utara atau lintang selatan.
  • Iklim kutub atau iklim dingin yang terletak di daerah kutub. Ada dua macam dari iklim kutub ini, yaitu iklim es dan iklim tundra.

Selain pembagian iklim berdasarkan posisi garis lintang dan ketinggian tempat, ada pula pembagian iklim berdasarkan klasifikasi Dr, Wladimir Koppen yang membuat klasifikasi berdasarkan kelembapan udara dan suhu.

Klasifikasi tersebut dibagi menjadi lima daerah, yaitu iklim A atau iklim tropis, iklim B atau iklim gurun tropis atau juga iklim kering, iklim C atau iklim sedang, iklim D atau iklim salju, dan iklim E atau iklim kutub.

Demikianlah persebaran iklim di dunia, baik berdasarkan posisi garis lintang dan ketinggian tempat, maupun berdasarkan kelembaban udara dan suhu.

Selanjutnya : Kebudayaan Palestina
Sebelumnya: Karya Sastra Berjudul Lukisan Karya Rosihan Anwar yang Sulit Dicari
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar