Persenjataan Indonesia Saat Ini Diminati Dunia


Militer Indonesia kian hari kian tangguh. Alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang kita miliki banyak yang diperbaharui dan dilengkapi dengan peralatan yang lebih modern. Kepercayaan diri dan kemampuan diri menghadapi segala bentuk ancaman jadi terdongkrak. Bahkan, persenjataan Indonesia saat ini banyak yang diakui dan diminati oleh negara lain. Sejumlah produk dalam negeri buatan anak bangsa berhasil diekspor ke negara lain.

Roket merupakan salah satu alat tempur populer di dunia. Nah, Indonesia telah berhasil menciptakan jenis roket yang diberi nama Smoke Warhead. Adalah PT Sari Bahari di Malang Jawa Timur yang gemilang memproduksi kepala roket ini. Dengan ukuran diameter 70 milimeter, kepala roket ini cocok dipasangkan pada pesawat Super Tucano dan sejenisnya.

Kepala roket ini bisa mengeluarkan asap ketika jatuh di tempat sasaran. Asap tersebut merupakan tanda bagi pilot mengenai letak jatuhnya roket. Kemampuan Smoke Warhead dipercaya unggul di kelasnya dan menyaingi produk serupa buatan Amerika Serikat dan Rusia. Cile bahkan tertarik untuk membelinya dari Indonesia.

PT Pindad

Nama PT Pindad telah dikenal luas sebagai produsen persenjataan militer yang banyak di antara produknya merupakan produk unggulan. Peluru dan panser buatan PT Pindad telah banyak diekspor. Misalnya peluru kaliber 5,56 mm, 7,62 mm, dan 9 mm. Produk amunisi buatannya telah lulus uji oleh NATO dan bersertifikat ISO 9001 dari SGS Yearsly-International Certification Services Ltd. Amerika Serikat sebagai negara adidaya dengan kekuatan militernya yang luar biasa masih membeli amunisi dari Indonesia. Filipina, Singapura, dan Bangladesh juga termasuk negara yang mengimpor peluru dari Indonesia.

Selain peluru, PT Pindad memproduksi berbagai senjata senjata kelas internasional. Misalnya jenis senapan serbu, senapan sniper, revolver, pistol, peluncur granat, pistol profesional magnum, senjata penjaga hutan, serta pelindung tubuh.

PT Pindad juga terkenal dengan pansernya. Salah satu yang paling laris adalah panser Anoa. Malaysia dan Oman pernah membelinya dari Indonesia. Berdasarkan standar NATO, panser Anoa memiliki tingkat ketahanan terhadap serangan pada level dua, mengalahkan panser buatan China dan India. Kehadalannya pernah dibuktikan oleh pasukan perdamaian PBB di negara gurun seperti Libanon.

Terbukti bahwa persenjataan Indonesia saat ini memang diminati oleh banyak negara.

Selanjutnya : Sekilas Tentang Para Pemuda Pencipta Facebook
Sebelumnya: Ringkasan Novel Siti Nurbaya Lengkap
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar