Sejarah Pertama Kali Indonesia Raya Dinyanyikan pada Kongres Pemuda II

Sejarah sebuah bangsa bisa menjadi pelajaran penting bagi generasi muda untuk mengambil sikap dan langkah untuk bangkit dan maju. Para pejuang kemerdekaan telah mengorbankan segala yang dimilikinya untuk mendapatkan kemerdekaan atau kebebasan dari penjajahan. Rasa nasionalisme yang dimiliki rakyat Indonesia ada semenjak pertama kali Indonesia Raya dinyanyikan dan diperdengarkan secara umum pada Kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928.

Sejarah Lagu Indonesia Raya

Loading...

Indonesia Raya sudah menjadi lagu kebangsaan yang dihafal oleh seluruh pelajar di tanah air. Menurut data resmi, disebutkan bahwa lagu Indonesia raya pertama kali dinyanyikan pada perhelatan Kongres Pemuda Kedua yang dilaksanakan di Batavia. Wage Rudolf Soepratman adalah pencipta dari lagu kebangsaan Republik Indonesia ini. Ini bisa dinilai sebagai upaya Hindia Belanda untuk menancapkan ide nasionalisme di tubuh rakyat, supaya pergerakan nasionalisme dapat menjalar ke seluruh penjuru nusantara.

Pada acara proklamasi kemerdekaan Indonesia, stanza pertama dari lagu Indonesia Raya yang kemudian dipilih sebagai lagu kebangsaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Bendera merah putih dinaikkan pada tiang tinggi diiringi dengan lagu Indonesia Raya. Sampai sekarang, lagu Indonesia Raya menjadi lagu wajib pada upacara bendera yang dilaksanakan di setiap sekolah, kantor pemerintahan, upacara peringatan HUT RI, dan lainnya.

Peranan Umat Islam dalam Perjuangan Merebut Kemerdekaan

Kita semua tahu bahwa penjajahan harus dilenyapkan dari muka bumi dan diganti dengan sebuah tatanan kehidupan yang damai dan tenteram. Semua manusia secara fitrah akan menyukai perdamaian. Akan tetapi, hal itu tidak berlaku bagi negara-negara penjajah. Sebut saja Negara Belanda yang menyiksa rakyat nusatara lebih dari 3 abad atau Negara Jepang dalam beberapa tahun penjajahannya memberikan dampak yang sangat membekas bagi rakyat negeri ini.

Kita ketahui bersama bahwa umat Islam memiliki peranan vital dalam merebut kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan dari serangan penjajah sekutu. Akan tetapi, ada upaya untuk menghilangkan peranan umat Islam dalam meraih kemerdekaan bagi negeri ini. Bisa kita lihat banyak buku-buku sejarah yang ditulis berdasarkan pada kepentingan, bukan berdasar fakta, yang menyebutkan bahwa peran umat Islam dalam melawan penjajah sangat kecil.

Ini adalah upaya pengerdilan terhadap perjuangan para pejuang kemerdekaan. Krisis multidimensi yang dialami negeri ini seharusnya bisa menjadi pelecut bagi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Bahkan, kita perlu meneriakkan slogan merdeka dari penjajahan imperealisme modern. Sebagai upaya politis pelawanan penjajahan gaya baru yang diterapkan negara-negara asing di Indonesia sekarang.

Demikian ulasan tentang pertama kali Indonesia Raya dinyanyikan pada Kongres Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.

 

Loading...
Selanjutnya : Sekilas Tentang Baywatch, Serial Favorit Asal Amerika
Sebelumnya: Pelaku Ekonomi Pemerintah Indonesia dan Penggolongan dari Pelaku Ekonomi yang Lain
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar