Berkenalan Lebih Dekat dengan Pertamina Persero

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata Soetowo? Keluarga dari suami Dian Sastrowardoyo? Yup, bener banget! Terus apa hubungan antara Pertamina Persero dan keluarga Soetowo ini? Ternyata usut punya usut, keluarga suami pemeran Cinta dalam film blockbuster-nya Indonesia tahun 2016 tersebut merupakan pewaris dari founder dan presiden direktur pertama Pertamina.

Sejarah dari Pertamina Persero

Pertamina perusahaan minyak dan gas alam Indonesia milik negara yang berbasis di Jakarta. Perusahaan ini didirikan diciptakan pada bulan Agustus 1968, yang merupakan merger dari Pertamin (didirikan 1961) dan Permina (didirikan 1957). Perusahaan yang ada saat ini merupakan produsen minyak mentah terbesar kedua di Indonesia setelah Chevron Pacific Indonesia yang berbasis di Amerika Serikat.

Pada tahun 2013 untuk pertama kalinya, Pertamina menduduki peringkat no. 122 pada 500 daftar Fortune Global perusahaan dengan pendapatan sebesar $ 70.900.000.000. Pertamina juga merupakan perusahaan Indonesia satu-satunya yang ada dalam daftar tersebut.

Pada tahun 1957, aset Belanda dalam minyak bumi dinasionalisasi. Kemudian Permina didirikan sebagai perusahaan monopoli minyak milik negara, yang dipimpin oleh Letnan Jenderal Ibnu Sutowo. Posisi Ibnu Sutowo sebagai wakil kedua Abdul Haris Nasution adalah awal dari keterlibatan militer dalam industri minyak. Permina mendistribusikan minyak untuk seluruh nusantara.

Permina kemudian berencana untuk mendirikan sekolah untuk melatih dan menghasilkan para ahli di lapangan. Untuk memenuhi tujuan ini Permina kemudian mendirikan Akademi Minyak di Bandung pada 1962. Akademi Minyak mempelajari aspek teknis dari industri minyak, dan lulusan dari sekolah ini berubah menjadi kekuatan utama di Pertamin (yang kemudian merger dengan Permina menjadi Pertamina).

Pada tahun 1960, Kongres memberlakukan kebijakan bahwa pertambangan gas dan minyak tanah Indonesia hanya diizinkan untuk perusahaan yang dikelola oleh negara. Pertamina Persero, didirikan pada tahun 1961, bertanggung jawab untuk administrasi, manajemen dan pengendalian dari eksplorasi dan produksi.

Namun kebijakan tersebut tidak berlangsung lama. Kesepakatan antara perusahaan negara dan pihak asing menegaskan bahwa secara bertahap, produksi kilang minyak dan aset lainnya dalam pemasaran serta distribusi akan dijual ke Indonesia dalam waktu lima sampai lima belas tahun.

Pada tahun 1968, untuk mengkonsolidasikan industri minyak dan gas dalam pengelolaan, eksplorasi, pemasaran dan distribusinya, Permina dan Pertamin bergabung dan menjadi PN Pertamina. Perusahaan ini terus melakukan pengeboran sendiri, namun ada perjanjian pembagian produksi dengan perusahaan asing.

Pada tahun 2003 Pertamina secara hukum menjadi PT. Pertamina Persero, sesuai dengan berlakunya Peraturan Pemerintah No.31/2003. Pertamina sekarang berada di bawah koordinator Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara.

Sejak awal berdirinya Pertamina hingga lengsernya orde baru, keluarga Ibnu Soetowo tercatat sebagai salah satu keluarga yang paling kaya dan berpengaruh di Indonesia. Meskipun presiden direktur Pertamina telah berganti beberapa kali, namun nama Ibnu Soetowo masih menjadi yang paling tenar.

Pada tahun 2014, Presiden Joko Widodo menunjuk Dwi Soetjipto sebagai presiden direktur Pertamina Persero. Pemilihan namanya oleh Pak Jokowi sempat menuai kontroversi, karena meski sebelumnya ia pernah menjadi presiden direktur PT Semen Indonesia, Dwi Soetjipto memiliki pengalaman yang kurang di bidang perminyakan.wat is sildalismotilium inhouse pharmacyavanafil generico prezzo

Selanjutnya : GPA Calculator High School Online that can readily resolve your predicament and most beneficial of all it is free to use
Sebelumnya: Unduh Lagu Lewat Wali 4Shared
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini