Pertanyaan Tentang Psikologi Kepribadian Seseorang


Pertanyaan tentang psikologi adalah salah satu cara mengetahui kepribadian seseorang. Pertanyaan tersebut disusun sedemikian rupa dan jawaban yang dipilih akan mencerminkan kepribadian orang tersebut. Pertanyaan-pertanyaan ini biasanya digunakan dalam simulasi psikologis peserta didik di sekolah, karyawan di tempat kerja, dan lain-lain. Fungsinya adalah untuk mengetahui karakter seseorang sekaligus untuk menyesuaikan perilaku orang tersebut dengan pekerjaan atau cara mendidik.

Contoh Pertanyaan Psikologis

Beberapa pertanyaan tentang psikologi yang berfungsi untuk menentukan karakter seseorang di antaranya sebagai berikut.

Suatu hari, Anda datang menonton sebuah konser musik yang besar. Setelah selesai dan pulang, tiba-tiba Anda membayangkan berada di atas panggung tempat berlangsungnya konser tersebut. Lalu, alat musik apakah yang ingin Anda mainkan di atas panggung tersebut?

•    Terompet

•    Suling

•    Bass

•    Biola

Pejamkan mata Anda dan bayangkan jika Anda berada di sebuah tempat di muka bumi ini. Bayangkan sebuah tempat yang dapat membuat Anda nyaman tanpa dibayangi berbagai masalah yang menganggu. Di antara tempat berikut, tempat mana yang akan Anda pilih:

•    Lautan biru

•    Gunung hijau

•    Dataran penuh salju

•    Padang bunga yang kuning

Seekor burung terperangkap masuk ke dalam rumah. Anda memutuskan untuk memelihara burung tersebut. Namun, burung tersebut tiba-tiba berubah warna. Mula-mula berwarna biru, kemudian menjadi kuning, merah, lalu menjadi hitam. Pertanyaannya, setelah hitam, kira-kira burung itu berubah warna menjadi apalagi?

•    Tetap hitam

•    Putih

•    Biru

•    Kuning Emas

Jawaban Pertanyaan Psikologi Sesuai Karakter

Coba jawab contoh pertanyaan psikologis yang tersedia di atas. Pilihan jawaban tersebut merupakan cerminan karakter kepribadian Anda. Berikut penjelasannya:

Jika memilih terompet, Anda termasuk orang yang mengandalkan mulut sebagai kekuatan. Jika pilihannya adalah suling, Anda termasuk orang sabar untuk dapat menguasai sesuatu, termasuk pasangan. Apabila Anda memilih bass, maka Anda termasuk orang yang dapat mengendalikan sesuatu, termasuk pasangan. Sedangkan jika pilihannya biola, maka Anda termasuk orang yang senang bertualang mencari hal baru.

Jika memilih lautan biru, Anda memiliki bakat alami dalam menjalani hubungan antarpribadi dan mampu berkomunikasi dengan baik. Apabila pilihannya adalah gunung yang hijau, maka Anda adalah orang yang mudah mengekspresikan perasaan. Dataran penuh salju menandakan Anda orang yang sensitif. Sementara padang penuh bunga kuning menunjukkan Anda adalah orang cerdas dan kreatif.

Jawaban terakhir dari pertanyaan tentang psikologi adalah tentang warna. Jika Anda memilih tetap hitam, Anda termasuk orang pesimis. Sebaliknya, biru pertanda optimis. Putih menunjukkan Anda adalah orang yang tenang. Sementara kuning emas berarti Anda pemberani.

Selanjutnya : Jangan Percaya Foto Wajah Tampan di Jejaring Sosial
Sebelumnya: Pertanyaan Interview Kerja dengan Bahasa Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar