Pertumbuhan Ekonomi Negara Thailand 2013


Petumbuhan ekonomi negara Thailand bergantung besar pada hasil ekspor yang mereka kirimkan ke negara-negara lain. Nilai ekspor Thailand mencapai 60% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Krisis finansial di tahun 1997-1998 yang melanda dunia juga sebenarnya mempengaruhi ekonomi Thailand. Namun Thailand sendiri pulih karena permintaan produk ekspor dari Amerika dan negara-negara lainnya turut bertambah.

Thailand yang menganut sistem pemerintahan kerajaan menyambut investasi dan investor asing dengan terbuka, tentu dengan berbagai persyaratan khusus. Hak investasi bagi investor nantinya akan didapat lewat Dewan Investasi Thailand. Bagi Thailand dan negara-negara lainnya, investasi asing akan membantu menggerakkan perekonomian di negara tersebut.

Baru-baru ini di tahun 2013 nilai mata uang di beberapa negara melemah terhadap dolar Amerika. Dampaknya ada di berbagai negara, seperti Indonesia, India, dan termasuk juga Thailand. Menurut koran online The Nation, jumlah defisit transaksi berjalan Thailand meningkat karena investor asing takut menghadapi pelambatan stimulus Bank Sentral Amerika Serikat.

Ketakutan-ketakutan investor di Thailand membuat para investor menarik kembali modal yang telah ditanam di negara tersebut. Sebuah data menyebutkan bahwa investor asing menjual obligasi di Thailand sebesar 170 milyar baht mulai dari 22 Agustrus 2013. Sedangkan ekuitas Thailand menmbus angka pengjualan sebesar 110 milyar bath dengan transaksi paling banyak di bulan Mei.

Sebuah bank lokal di Thailand bahkan memprediksi bahwa ekonomi Thailand hanya tumbuh sekira 3,8 % tahun ini, padahal sebelumnya ekonomi Thailand diprediksi tumbuh sebesar 4,5 %. Pendapat bank lokal Thailand tersebut diamini oleh National Economic and Social Development Board (NESBD) bahwa pertumbuhan ekonomi yang semula diprediksi 4,3 % ternyata hanya menembus angka 3,8 %. Sedangkan ekspor Thailand yang semula diperkirakan meningkat sekira 5 %, ternyata hanya meningkat sekira 2 % saja.

Dengan pertumbuhan ekonomi semacam itu, pemerintahan Thailand berjanji akan mengambil keputusan untuk menyelamatkan perekonomian nasional dari ambang krisis. Semoga informasi mengenai petumbuhan ekonomi thailand di tahun 2013 ini dapat membantu Anda para awam ataupun ekonom untuk mengambil langkah-langkah atau keputusan tertentu secara bijak. Itulah artikel mengenai pertumbuhan ekonomi negara Thailand.

Selanjutnya : Memilih Panggilan Sayang untuk Pacar
Sebelumnya: Nama-nama Pengusaha Sukses Muda Mandiri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar