Macam-macam Perubahan Kimia dan Fisika


Perubahan Kimia dan Fisika selalu terjadi di dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja terkadang hal ini tidak disadari oleh kita. Perubahan kimia dan perubahan fisika tersebut tentu tidak terjadi begitu saja, namun dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Misalnya faktor perubahan suhu, perubahan tekanan, adanya pembakaran, maupun terjadi pencampuran dengan zat lain.

Perubahan Fisika

Perubahan fisika adalah perubahan materi suatu zat yang menghasilkan zat jenis baru. Perubahan ini berhubungan dengan perubahan secara fisik atau wujud dari benda tersebut.
Berikut adalah beberapa contoh perubahan fisik.

Perubahan Padat ke Cair

Mencair atau melebur adalah perubahan yang dipengaruhi oleh meningkatnya suhu di sekitar benda. Contoh dari perubahan ini bisa terlihat pada es batu yang meleleh.

Perubahan Cair ke Padat

Perubahan ini dipengaruhi oleh suhu yang semakin rendah, sehingga benda cair akan memadat. Contohnya adalah air yang dimasukkan ke freezer akan menjadi padat.

Perubahan Cair ke Gas

Benda cair yang terus terpapar suhu tinggi pasti akan menjadi uap. Contoh dari peristiwa menguap ini adalah ketika pakaian yang basah akan mengering bila dijemur.

Perubahan Gas ke Cair

Peristiwa perubahan benda gas ke wujud cair ini bila ditunjukkan oleh terbentuknya kabut atau embun di pagi hari.

Perubahan Padat ke Gas

Perubahan ini juga disebut dengan menyublim. Contohnya adalah penggunaan kapur barus atau kamper untuk pakaian. Kamper yang padat lama-kelamaan akan habis karena berubah menjadi gas/uap.

Perubahan Gas ke Padat

Perubahan ini disebut juga desposisi atau desublimasi. Contohnya adalah terbentuknya salju, atau berubahnya gas menjadi kristal es di dalam lemari es maupun freezer.

Perubahan Kimia

Selanjutnya yang akan dibahas dalam artikel tentang perubahan kimia dan fisika kali ini adalah perubahan kimia yang tentunya akan melibatkan reaksi-reaksi kimia. Di bawah ini adalah beberapa contoh perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Pembusukan

Benda atau materi organik bisa mengalami pembusukan. Dalam pembusukan ini selalu terjadi reaksi-reaksi yang melibatkan zat-zat kimia, misalnya hidrogen. Contoh pembusukan adalah buah-buahan membusuk, sampah yang membusuk, atau telur yang membusuk dan menimbulkan bau tak sedap karena adanya hidrogen sulfida.

Oksidasi

Oksidasi merupakan peristiwa kimia yang melibatkan oksigen sehingga benda yang mengalami oksidasi akan menghasilkan materi baru. Contoh oksidasi adalah pembakaran, karena pembakaran membutuhkan oksigen dan mampu mengubah wujud suatu materi. Contoh lainnya adalah besi berkarat. Besi yang bercampur air dan oksigen akan bereaksi dan menimbulkan karat.

Demikianlah penjelasan mengenai perubahan kimia dan fisika. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Selanjutnya : Keajaiban Tuhan dalam Tubuh Manusia
Sebelumnya: Pengaruh Penjajahan Malaysia oleh Inggris,Dulu dan Sekarang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar