Potensi Perusahaan Gas Alam di Bogor

Tahukah Anda perusahaan gas alam di Bogor? Perusahaan gas alam kiranya mulai memikirkan Bogor sebagai tempat potensial untuk memulai usahanya. Dengan banyak potensi alam seperti biogas, kotoran sapi, dan bahan bakar alternatif lain untuk dijadikan bahan bakar, Bogor memenuhi syarat untuk investasi perusahaan gas.

Namun demikian gas alam yang berada di Bogor belum dimanfaatkan secara maksimal karena kurang koordinasi pemerintah Bogor dan Perusahaan Gas Negara (PGN) sebagai distributor pada mulanya. Keseriusan dari pemerintah untuk memanfaatkan gas alam belum optimal karena stasiun pengisian bahan bakar gas di Terminal Baranangsiang belum beroperasi dan belum terkoneksi dengan  pipa gas alam.

Namun usai SPBG beroperasi, solusi atas kelangkaan gas di Bogor dapat teratasi. Salah satu daerah di Bogor yang akan memanfaatkan gas alam sebagai ganti gas elpiji adalah tiga kelurahan di Kecamatan Cibinong. Pipa miliki perusahaan gas negara dimanfaatkan untuk membangun instalasi gas tersebut. Gas alam dinilai lebih hemat dibanding dengan gas elpiji karena konsumen hanya perlu membayar gas sesuai meteran untuk mengetahui seberapa banyak gas yang digunakan.

Gas Alam, Bahan Bakar Alternatif

Gas alam sesungguhnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai bahan bakar alternatif, terlebih lagi bahan bakar gas bagi rumah tangga sulit ditemui. Selain karena harganya yang murah, gas alam ramah lingkungan dan tidak akan habis dipakai karena termasuk dalam sumber energi terbarukan.

Selain terbarukan, penggunaan gas alam juga murah dan aman karena peralatan yang dipasang di rumah memang disesuaikan dengan standar milik PGN. Sebenarnya syarat-syarat yang wajib dipenuhi oleh sebuah daerah untuk mendapatkan program instalasi gas alam cukup mudah.

Pertama, lingkungan tersebut merupakan penghasil gas alam. Kotoran sapi, biogas, ataupun kotoran manusia dapat dimanfaatkan sedemikian rupa sebagai upaya membentuk bank gas alam. Kedua, lingkungan tersebut dilalui oleh infrastruktur gas. Maksudnya agar mudah dalam pemasangan dan pemonitoran, seperti bogor yang terhubung dengan infrastruktur gas jalur Jakarta-Bogor.

Ketiga, masyarakat di lingkungan tersebut memiliki anggaran dana untuk memasang instalasi gas. Kalaupun masyarakat tak memiliki dana, pemerintah atau donor dapat mengusahakan dana bantuan kepada pemerintah pusat atau NGO yang ingin mewujudkan energi terbarukan.

Itulah ulasan tentang perusahaan gas alam di Bogor.

Selanjutnya : Rainbow Rose Cara Membuat Stek Mawar 1 Tangkai Macam-macam Warna
Sebelumnya: Pembahasan Tentang Enzim Katalase
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini