Kata-kata Pesan Hidup


Banyak hikmah yang bisa dipetik dalam kehidupan manusia. Hikmah itu bisa dijadikan pedoman hidup dan pelajaran agar kehidupan di depan menjadi lebih baik. Hikmah kehidupan salah satunya bisa diperoleh dari kata-kata pesan hidup. Kata-kata ini adalah untaian kata yang berisi nasihat, tuntunan, motivasi tentang kehidupan yang dimaksudkan untuk menjadi pembelajaran bagi orang yang mendengar atau membacanya.
Kata-kata pesan kehidupan bentuknya bermacam-macam.

Ada yang berupa pepatah, pantun, gurindam, dan kata-kata mutiara. Pepatah adalah peribahasa yang mengandung nasihat. Contoh dari pepatah pesan kehidupan misalnya, “Tak ada rotan, akar pun jadi” yang berarti nasihat untuk mencari jalan alternatif untuk memecahkan permasalahan. Contoh lainnya, “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian” yang berisi nasihat untuk berusaha dan bekerja giat terlebih dahulu untuk dapat menikmati hasilnya di kemudian hari.

Bentuk kata-kata pesan tentang kehidupan lainnya adalah pantun, yaitu sajak pendek yang berima, biasanya jumlah barisnya empat. Contoh pantun berisi nasihat hidup adalah:

Kata-kata Pesan HidupSelain pantun, ada juga gurindam, yaitu sajak dua baris yang berisi nasihat. Gurindam dimaksudkan untuk menyatakan suatu nasihat atau kebenaran dengan cara pendek. Gurindam berisi pesan tentang kehidupan. Gurindam banyak ditemukan dalam sajak Raja Ali Haji, yang dijuluki Bapak Pantun. Contoh pantun yang ditulis Raja Ali Haji di antaranya sebagai berikut.

Pesan HidupKata-kata mengenai pesan kehidupan yang banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah kata-kata mutiara. Kata-kata mutiara mengandung hikmah kebajikan. Seperti mutiara, kita baru akan menemukan keindahan maknanya jika kita mengasah dan merenungkan maknanya. Contoh dari kata-kata mutiara adalah “Ala bisa karena biasa”, “Man Jadda Wajada” yang artinya barangsiapa berusaha, maka ia akan mendapatkan. “Where there is will, there is a way” yang artinya di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan.

Kata-kata mutiara tak hanya berbentuk kalimat pendek, namun juga ada yang berbentuk kalimat panjang. Itulah beberapa bentuk kata-kata berisi pesan hidup dan contoh-contohnya. Semoga kata-kata di atas bisa menjadi pembelajaran bagi kita untuk bisa dipetik hikmahnya.

Selanjutnya : Harga Tiket Masuk Snowbay Tamini
Sebelumnya: Apa Isi Skripsi Fakultas Sastra
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar