Peta Jalur Penyebaran Hindu Budha dari India ke Indonesia


Bagaimana gambaran peta jalur penyebaran Hindu Budha dari India ke Indonesia? Sebagai negara kepulauan, Indonesia saat itu menjadi kawasan strategis dalam jalur perdagangan dari semua negara. Ketika jalur sutra sudah tidak begitu ramai, arah perjalanan perdagangan berubah menjadi jalur laut. Para pedagang India dan Cina yang datang ke Nusantara menggunakan jalur ini. Seperti yang diketahui, para pedagang ini ternyata juga membawa misi budaya dan agama. Efek ramainya perdagangan dari India dan Cina berimbas pada maraknya penyebaran Hindu Budha di Indonesia.

Para pedagang datang ke Indonesia banyak yang melewati Teluk Benggala dan Laut Cina Selatan. Awalnya, para pedagang ini datang ke Indonesia untuk berdagang. Namun seiring berkembangnya waktu, para pedagang ini mulai menyebarkan kepercayaan pada kaum pribumi. Hal ini tidak sulit bagi para pedagang tersebut. Sebab, kaum pribumi mudah menerima kepercayaan baru tersebut.

Misi Penyebaran Agama

Salah satu hal yang menunjukan kepercayaan tersebut mudah diterima adalah berkembangnya Kerajaan Sriwijaya di Sumatera. Awalnya, para pedagang beragama Budha yang datang ke Sumatera berasal dari Birma (sekarang Myanmar) yang melewati jalur Selat Malaka. Setelah beberapa tahun berdirilah Kerajaan Sriwijaya yang kemudian dikenal sebagai kerajaan Budha yang cukup perkasa se-Asia Tenggara.

Lain hal dengan penyebaran Hindu di Indonesia. Paenyebaran agama Hindu berasal dari orang-orang kawasan India yang melewati Teluk Benggala, Selat Malaka, dan sempat singgah dulu di Pulau Jawa. Setelah itu, melewati Laut Jawa untuk sampai di Kalimantan. Di sinilah, kerajaan Hindu pertama di Indonesia beridiri, yaitu Kutai. Keberadaan kerajaan ini dapat dibuktikan dengan adanya prasasti yang diperkirakan sudah ada pada abad keempat.

Selain penyebaran lewat kaum pedagang, proses masuknya kedua agama ini ke Nusantara adalah akibat tekanan dari tanah asal. Para penyebar agama Hindu misalnya, mereka pergi dari tanah India karena di India mereka jadi pekerja kasar. Adapun sumber yang mengatakan jika Hindu dapat tersebar di Nusantara adalah berkat semua kaum strata. Tidak hanya pedagang, tetapi juga kaum Brahmana dan Ksatria.

Begitulah sedikit gambaran peta jalur penyebaran Hindu Budha dari India ke Indonesia. Dari pembahasan di atas dapt disimpulkan bahwa Teluk Benggala, Selat Malaka dan Selat Sunda adalah jalur laut yang krusial. Ketiga jalur vital ini adalah jalur transportasi yang memperlancar para pedagang untuk sampai di Nusantara.

Selanjutnya : Kata-Kata Lucu Inggris Indonesia
Sebelumnya: Pembahasan tentang Jangkauan Axis 3G untuk Daerah Bali
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar