Sejarah dan Peta Negara ASEAN


Pada saat duduk dibangsu sekolah menengah pertama, tepatnya pada pelajaran sejarah dan geografi kita diajarkan tentang pengertian dan cakupan wilayah ASEAN. Bagi Anda yang ingin mengingat kembali pelajaran ini, tak ada salahnya kembali membuka buku dan melihat peta negara ASEAN.

ASEAN atau Asociation Of South East Asia Nation ini merupakan penggabungan negara-negara Asia Tenggara. Kita dapat menemukan berbagai negara tetangga tergabung dalam asosiasi ini. ASEAN berdiri pada tahun 1967 tepatnya pada tanggal 8 agustus yang diwakili oleh para wakil dari 5 negara.

Setelah 5 negara awal yang di dalamnya terdapat negara Indonesia, mulailah 5 negara lain bergabung dalam keanggotaan ASEAN pada tahun 90’an. Sebenarnya tujuan didirikannya ASEAN sangatlah penting. Yaitu untuk tetap menjaga persatuan antar negara-negara se-Asia Tenggara, meningkatkan kerjasama antar negara baik dalam bidang ekonomi maupun pariwisata, dan masih banyak lagi.

Negara-negara ASEAN saling menghormati kedaulatan dan kemerdekaan negara lainnya. Hal tersebut tentunya akan meminimalisasi konflik yang terjadi antar negara. Karena seperti yang kita ketahui negara-negara yang bertetangga terkadang sering dipicu oleh konflik sengketa wilayah kekuasaan seperti yang pernah terjadi antara Indonesia dengan Malaysia.

Dengan adanya persatuan yang memayungi, maka negaraa-negara tersebut tidak akan mencampuri urusan negara lain dan tetap menghormatinya sebagai negara yang sama-sama ingin berkembang dan maju dalam berbagai bidang.

Persaingan boleh saja terjadi, namun persaingan tersebut haruslah persaingan yang sehat, misalnya bersaing untuk menjadi negara yang lebih maju, bersaing untuk menunjukan prestasi negara masing-masing, dan bersaing untuk hal-hal yang sehat dan tidak memicu konflik apapun.

Keberadaan ASEAN memang memiliki peranan penting sebagai penengah pada masing-masing negara untuk tetap menjaga komitmennya. Semoga saja kedepannya pun negara-negara ASEAN akan tetap rukun dan menjaga kedaulatannya dan tetap terjaga seperti peta negara ASEAN yang tetap terpampang utuh hingga saat ini.

Demikianlah informasi mengenai peta negara ASEAN dan sejarah dibalik itu semua. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang negara ASEAN.

Selanjutnya : Situs Game yang Paling Seru Sendiri
Sebelumnya: Vokalis Terpopuler Di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar