Mengenal Peta Penyebaran Hindu Budha di Indonesia


Indonesia merupakan negara yang luas. Letaknya yang strategis membuat Indonesia menjadi lalu lintas perdagangan dunia. Hal ini juga yang menyebabkan masuknya pengaruh berbagai agama ke Indonesia, termasuk agama Hindu dan Budha. Bagaimana peta penyebaran Hindu Budha di Indonesia?

Ada beberapa pendapat dari para ahli sejarah mengenai cara masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Budha di Indonesia.

Pendapat J.L. Moens dalam Hipotesis Ksatria

J.L Moens berpendapat bahwa penyebaran agama Hindu dan Budha di Indonesia tidak lepas dari misi diplomatik para ksatria dan prajurit-prajurit India. Sekitar abad ke 4-5 M, di India sedang terjadi kekacauan politik yang menyebabkan peperangan. Karena terdesak, mereka melarikan diri ke Indonesia. kemudian di Indonesia mereka mendirikan kerajaan-kerajaan baru sekaligus mengembangkan ajaran agama mereka.

Pendapat N.J. Krom dalam Hipotesis Waisya

Menurut pendapat ini, agama Hindu dan Budha masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari India. Pintu masuknya kedua agama ini adalah melalui Selat Malaka. Jalur ini terkenal sebagai jalur perdagangan yang ramai dan selalu dipadati oleh para pedagang dari berbagai negara di dunia. Interaksi dan komunikasi yang intens antara pedagang dan masyarakat setempat membuat agama Hindu dan Budha dapat diterima dengan mudah oleh masyakarat kita.

Pendapat J.C. Vanleur dalam Hipotesis Brahmana

Berbeda dengan pendapat sejarahwan lainnya, J.C. Vanleur berpendapat bahwa agama Hindu Budha dibawa dan diajarkan oleh golongan pendeta (Brahmana). Mereka memang sengaja datang ke Indonesia khusus untuk menyebarkan agama Hindu dan Budha.

Terlepas dari hipotesis-hipotesis tersebut, kenyataannya agama Hindu dan Budha dapat diterima dengan baik oleh masyarakat kita. HalĀ  ini terbukti dengan bersatunya ajaran agama tersebut di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, seperti dalam kesenian, kebudayaan, dan arsitektur bangunan.

Selain itu, ditemukannya berbagai peninggalan sejarah juga memperkuat bukti bahwa agama tersebut telah berkembang di Indonesia sejak dahulu kala. Penemuan tersebut berupa arca dari bahan perunggu di berbagai wilayah Nusantara, seperti Sulawesi Selatan (Sempaga), Jawa Timur (Jember), Sumatra Selatan (Bukit Siguntang), dan Kalimantan Timur (Kutai).

Dengan bukti sejarah tersebut, kita semakin memahami akan peta penyebaran Hindu Budha di Indonesia. Selain itu, kita dapat menyadari bahwa Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan kaya akan budaya.

Selanjutnya : Makna Tatapan Mata
Sebelumnya: Permasalahan Hak dan Kewajiban dalam Rumah Tangga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar