Jalur Alternatif pada Peta Sidoarjo ke Gresik


Jika kita melihat jalur peta Sidoarjo ke Gresik, tampaknya sangat sederhana. Ya, hanya berupa garis lurus dari selatan ke utara. Tetapi bagi yang ingin jalan-jalan dengan rute yang lebih terasa bertualang, ternyata ada jalur lain yang patut dicoba.

Jalur Alternatif

 

Jika melalui jalan tol, jarak antara Sidoarjo dan Gresik memang terasa begitu dekat. Dari Sidoarjo, cukup masuk ke jalan tol Surabaya – Gempol, lalu melalui Jl. R. Agil Kusumadya. Sebelum tiba di Kebomas, belok kanan, terus ke utara, maka Anda pun tiba di Gresik. Nah, itu cara yang paling standar. Bila ingin touring menggunakan sepeda motor, mungkin dapat melalui jalur alternatif yang akan dibahas berikut ini.

Gresik tentunya cukup menarik. Selain terkenal dengan pabrik semennya, kota ini juga dikenal sebagai kota santri. Jarak antara alun-alun Sidoarjo hingga alun-alun Gresik tidak terlalu jauh, kira-kira berada di kisaran 70 km. Paling tidak, jarak ini bisa digunakan untuk latihan touring.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa alternatif menuju Gresik dari Sidoarjo. Pertama adalah rute melalui Krian sekitar 68 km dan rute yang agak panjang melalui Surabaya sekitar 74 km. Jika menggunakan sepeda motor, tentunya lebih enak melalui rute yang pendek.

Nah, ketika melintasi jalanan dari Sidoarjo menuju Gresik ini, tampak persawahan yang sepertinya sedang berada di musim tanam. Jangan kira yang alami masih berupa jalanan tanah atau setapak, jalur ini pun ternyata sudah diaspal mulus. Tetapi, memang kiri dan kanan jalan masih tampak alami. Setelah melewati persawahan, tampak juga empang dan pepohonan. Tampaknya, pepohonan besar memang sudah cukup jarang, sehingga tampak sedikit gersang.

Di sepanjang jalan juga tampak tiang listrik dengan kabel listrik yang membentang dari tiang ke tiang. Empang-empang yang dapat ditemui dalam perjalanan menuju Gresik ini cukup besar. Sepertinya, lumayan nyaman untuk memancing ikan di tempat tersebut. Kontur jalan alternatif menuju Gresik ini banyak tanjakan dan turunan, terasa begitu berbukit-bukit. Berbeda jika melalui Surabaya yang begitu datar.

Demikianlah sekilas ulasan perjalanan dari Sidoarjo menuju Gresik melalui jalur alternatif. Jika bingung, bisa lihat peta Sidoarjo ke Gresik dari Google Map.

Selanjutnya : Pemberian Pupuk pada Tanaman Jagung
Sebelumnya: Makna Butir Pertama Pancasila
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar