Resep Kelezatan Petis Tahu

Petis tahu merupakan salah satu jenis masakan menyerupai sambal yang dicolek dengan tahu goreng. Makanan ini adalah salah satu sajia khas daerah Jawa Timur. Bahan membuat petis cukup beragam, mulai dari sari daging hingga sari udang.

Meskipun sebenarnya berasal dari daerah Jawa Timur, namun tahu petis juga banyak diproduksi di wilayah Semarang. Masakan dengan sambal berwarna hitam pekat tersebut sangat digemari oleh segenap khalayak, meskipun bukan berasal dari Jawa Timur maupun Semarang.

Bagi yang menyukai udang serta tidak bermasalah dengan udang atau dengan kata lain tidak mempunyai alergi terhadap udang, maka sambal petis yang terbuat dari bahan udang jauh lebih nikmat jika dibandingkan dengan petis yang terbuat dari kaldu atau sari daging sapi.

Pada intinya, petis merupakan kaldu atau kuah protein hasil merebus udang maupun daging sapi yang terus dimasak di atas penangas air ataupun kompor hingga mengental. Sambal petis selanjutnya diberi bumbu tertentu, sehingga rasanya nikmat untuk dijadikan pelengkap makan tahu goreng.

Resep Petis Tahu

Nikmatnya petis tahu terletak pada kelezatan bumbu petis yang dibuat. Cara membuat petis adalah dengan melumatkan bumbu-bumbu sebagai berikut.

  • Bawang putih sebanyak 2 siung.
  • Lengkuas sebesar 2 cm yang dimemarkan.
  • Petis udang atau petis daging sebanyak 4 sendok makan. Petis udang yang diambil adalah dari udang hitam.
  • Gula jawa sebanyak 1,5 sendok makan (sudah disisir).
  • Air sebanyak 50 ml.
  • Tepung beras yang telah dicampurkan dengan sedikit air sehingga mengental.

Adapun cara mengolah tahunya adalah dengan memotong tahu berukuran 7 x 2 cm atau sesuai dengan selera. Kemudian, tahu direndam di air bawang dan garam sebagai bumbu. Perendaman tahu di dalam bumbu selama 10 menit. Selanjutnya, minyak goreng dipanaskan pada wajan dan tahupun digoreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Setelah matang, tahu diangkat dan ditiriskan serta bagian tengahnya dibelah, namun tidak sampai putus.

Selanjutnya, saus petis disajikan dengan cara memanaskan 2 sendok makan minyak, lalu bawang putih yang telah dihaluskan ditumis hingga berbau harum. Petis udang atau petis daging dimasukkan, selanjutnya diaduk. Setelah itu, tambahkan gula merah dan garam secukupnya ke dalam adonan. Kemudian ditambahkan kurang lebih 1 – 2 sendok makan suspensi tepung beras kental. Semua bahan kemudian diaduk terus hingga mengental.

Sambal petis yang telah jadi dapat disajikan dalam kondisi panas maupun dingin. Bahkan, sambal petis dapat disimpan di dalam lemari es dan tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu ketika hendak menggunakannya sebagai bahan sajian. Cara memakannya adalah dengan mencolekkan tahu yang telah digoreng ke dalam sambal atau memasukkan sambal di antara belahan tahu dan dimakan selagi masih panas. Demikian cara membuat petis tahu.

Loading...
Selanjutnya : Tokoh Wayang Selain Kisah Ramayana
Sebelumnya: Michael Hartono Biografi Singkat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar