Memahami Petunjuk Buat Karya Ilmiah


Penulisan karya ilmiah sering kita dengar, khususnya pada lembaga pendidikan seperti sekolah atau perguruan tinggi. Karya ilmiah merupakan laporan yang dilaporkan secara tertulis yang kemudian dipublikasikan hasil kajian dari penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk kepentingan keilmuan. Pada umumnya, karya ilmiah ini dikerjakan oleh sekelompok orang yang dinamakan tim. Berikut petunjuk buat karya ilmiah yang diharapkan dapat memudahkan Anda dalam mengerjakannya.

Langkah-langkah Pembuatan Karya Ilmiah

Pertama-tama, tentukan tema yang akan diangkat. Setelah tema ditentukan, selanjutnya tentukan tujuan dari penulisan laporan karya ilmiah tersebut. Setelah itu, tentukan dan kumpulkan bahan atau data yang akan digunakan.

Apabila semua bahan sudah terkumpul, buatlah kerangka karangan, kemudian dikembangkan, dan susunlah menjadi karangan yang baik dan benar. Dalam hal membuat karangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu bahasa yang digunakan, susunannya, dan alur pengutaraannya.

Ciri-ciri Karya Ilmiah

Perlu Anda ketahui juga ciri-ciri karya ilmiah, di antaranya isi laporan yang dibuat harus objektif, isinya logis dan empiris, dijelaskan secara lugas dan jelas, serta dibuat secara sistematis. Hal yang terpenting adalah karya yang dibuat harus dapat dibuktikan kebenarannya, terbuka, dan bahasa yang digunakan haruslah baku.

Jenis-jenis Karya Ilmiah

Tahukah Anda, apa saja jenis-jenis dari karya ilmiah itu? Karya ilmiah itu dapat berupa makalah yang sering ditemukan pada penugasan. Membuat makalah untuk anak jenjang usia sekolah dasar diharapkan mampu menjadi awal yang baik bagi mereka dalam membuat laporan akan apa yang mereka teliti.

Pada anak usia SD, makalah dibuat dalam bentuk yang sederhana, bahkan susunannya belum sistematis seperti karya ilmiah pada umumnya. Makalah ini terdiri dari dua jenis, yaitu makalah kerja dan tugas. Ada juga naskah publikasi, artikel keilmuan, dan beberapa tugas akhir yang biasanya dikerjakan menjelang akhir masa studi di perguruan tinggi, seperti skripsi yang dikerjakan mahasiswa S1, tesis yang dikerjakan mahasiswa S2 pascasarjana, dan disertasi tesis yang dikerjakan mahasiswa S3.

Karya ilmiah keilmuan yang dikerjakan sebagai tugas akhir memiliki tujuan untuk mengembangkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa, guna membuktikan teori yang ingin dibuktikan kebenarannya. Setelah laporannya selesai dan dapat diuji kebenarannya, maka laporan tersebut dapat dinyatakan valid. Bagaimana, membaca petunjuk buat karya ilmiah? Cobalah membuat karya ilmiah Anda berdasarkan ketentuan yang sudah dijelaskan.

Selanjutnya : Menang Jadi Arang Kalah Jadi Abu
Sebelumnya: Penataan Ruang Kota di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar