Ph Tanah Ultisol


Mengatur Ph tanah Ultisol agar bisa ditanami, perlu sedikit usaha keras dengan pemberian pupuk.  Memang sangat sulit membudidayakan tanaman pada tanah ultisol yang memilik kandungan Ph sangat rendah. Kadar keasaman/ Ph tanah ini tak lebih dari 5,5 Ph.

Dengan kadar Ph yang rendah, tanaman pertanian seperti palawija saja tak bisa tumbuh secara maksimal. Selain itu kadar air pada tanah jenis ini sangat sedikit, cenderung tandus. Terkadang masyarakat yang tinggal di atas tanah ultisol hanya memanfaatkan tanah ini sebagai bahan untuk membuat genting dan batu bata. Kadang juga di tanah ini dipakai untuk menimbun pondasi rumah.

Pengertian Tanah Ultisol

Sebelum membahas tentang rekayasa tanah ultisol agar layak ditanam, ada baiknya kita tahu dulu pengertian tanah ultisol.  Tanah ultisol adalah jenis tanah yang dihasilkan dari proses pelapukan batu. Tanah ultisol terdapat pada kedalaman 30 cm dari atas permukaan tanah.

Karakter tanah jenis utisol berwarna merah,  kebanyakan tanah ini banyak dijumpai daerah perbukitan. Salah satunya di daerah Jawa Tengah seperti di Banyumas. Jenis tanaman yang bisa tumbuh adalah tanaman keras seperti karet, pinus dan sengon.

Terkadang masyarakat yang tinggal di atas tanah ultisol hanya memanfaatkan tanah ini sebagai bahan untuk membuat genting dan batu bata. Kadang juga di tanah ini dipakai untuk menimbun pondasi rumah.

Meningkatkan Ph Tanah Ultisol

Sebenarnya tanah ultisol bisa direkayasa agar bisa dijadikan lahan pertanian. Caranya dengan  diberi tambahan material baru seperti humus, sedikit pasir dan gamping, pupuk kandang dan pupuk urea. Untuk tahapan mengolah tanah ultisol tidaklah sulit.

Tahap pertama adalah mencangkul  semua tanah yang akan digarap supaya gembur.  Baru kemudian ditaburi dengan gamping guna meningkatkan kadar keasaman tanah. Langkah selanjutnya adalah campurkan humus, pupuk kandang, pasir dan sedikit pupuk urea. Aduk-aduk hingga merata, baru kemudian ditebarkan pada seluruh lahan pertanian.  Tahap selanjutnya sebelum ditanami, harus rutin disirami dengan air agar kondisi lahan berubah gembur.

Jenis Tanaman yang Bisa Tumbuh pada Tanah Ultisol

Jenis tanaman pertanian yang bisa tumbuh di lahan ini antara lain tanaman palawija seperti jagung, sayuran, pare, timun. Sedangkan untuk tanaman jenis umbi-umbian tak bisa tumbuh maksimal karena karakter tanah ultisiol sangat padat, sehingga pertumbuhan umbi terhampat.  Jenis tanaman keras yang cocok untuk lahan tersebut antara lain sengon, pohon durian, pohon mete dan jati belanda.

Sekian tips cara meningkatkan Ph tanah ultisol. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kumpulan Kata-kata Menggoda Wanita yang Romantis dan Puitis
Sebelumnya: Peta Jalan Jawa Kota Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar