Phnom Penh, Ibukota Negara Kamboja yang Indah


Nama negara Kamboja mungkin bukan nama yang asing di telinga Anda, namun tahukah Anda tentang ibukota negara Kamboja? Ibukota Kamboja adalah Phnom Penh dan kota ini tentunya memiliki keunikan tersendiri yang patut untuk Anda ketahui.

Selain sebagai ibukota, Phnom Penh adalah kota terbesar di negara Kamboja. Jumlah penduduknya sekitar 2,2 juta dan kota ini termasuk kota terkaya sekaligus terpadat di negara tersebut.

Kota yang terletak di tepi Sungai Mekong ini telah menjadi ibukota Kamboja sejak masa-masa kolonialisasi Perancis. Di kota inilah segala pusat perekonomian, industri, kemanan, dan politik, serta warisan budaya negara Kamboja.

Phnom Penh yang ditemukan pada tahun 1434 tersebut juga pernah dikenal sebagai Mutiara dari Asia. Kota ini dianggap kota terindah yang pernah dibangun oleh Perancis pada tahun 1920.

Karena keindahannya tersebut, Phnom Penh menjadi salah satu tujuan wisata utama selain Siem Reap dan Sihanoukville, baik bagi wisatawan domestik maupun turis mancanegara.

Di sepanjang jalan-jalan besar Phnom Penh, wisatawan akan dengan mudah menemukan bangunan-bangunan besar peninggalan kolonial Perancis.

Bila Anda mengunjungi Phnom Penh, Anda bisa mendatangi beberapa tempat menarik di sana, misalnya museum. Ada dia museum yang paling terkenal di Phnom Penh, yaitu Museum Nasional yang berisi berbagai peninggalan sejarah Kamboja dan juga museum Tuol Sleng Genocide yang dahulunya adalah penjara.

Tak hanya museum, ada banyak festival yang diadakan penduduk Phnom Penh untuk memperingati hari-hari tertentu. Contoh festival di Phnom Penh bisa Anda simak di bawah ini.

•    Chaul Chnam Thmey. Dirayakan pada tanggal 13-15 April dan merupakan perayaan tahun baru Kamboja.

•    Bon Om Thook. Disebut juga water festival dan merupakan salah satu festival terbesar di Phnom Penh. Festival yang digelar pada November ini semacam bentuk suka cinta atas lancarnya aliran sungai Tonle Sap.

•    Pchum Ben. Perayaan ini bisa diartikan sebagai ‘berkumpul bersama’. Mereka memberikan makanan pada arwah yang masih terjebak di dunia roh. Keluarga yang masih hidup harus membantu membimbing arwah-arwah itu ke siklus reinkarnasi.

Itulah sekilas tentang ibukota negara Kamboja dengan segala keunikannya. Tempat ini memang terkenal akan keindahannya dan tentu saja sangat layak untuk masuk ke dalam daftar objek wisata yang patut kita kunjungi.

Selanjutnya : Cara Mengatasi Terjadinya Pencemaran Air
Sebelumnya: Contoh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar