Pidato Bahasa Indonesia Bertema Hari Kartini


Pidato bahasa Indonesia bertema hari Kartini disampaikan pada saat peringatan hari Kartini atau dalam lomba pidato dalam rangka menyambut hari Kartini. Isinya menyangkut yang dilakukan oleh Kartini semasa hidupnya dan bagaimana wanita sekarang memaknai perjuangan Kartini.

Contoh Pidato Hari Kartini

Berikut ini adalah contoh pidato hari Kartini yang berbahasa Indonesia yang dibawakan oleh seorang siswa dalam rangka lomba pidato.

Assalamu’alaikum wr.wb

Bapak/ibu yang terhormat dan teman-teman yang saya sayangi.

Raden Ajeng Kartini telah memberikan manfaat dalam hidupnya. Begitu juga dengan para pahlawan wanita dari daerah lain seperti Dewi Sartika, Cut Nyak Dien, dan Nyi Ahmad Dahlan. Mereka bergerak dalam bidang yang sama, yaitu mencerdaskan wanita lewat pendidikan.

Wanita adalah tiang negara. Kalau suatu negera ingin bangkit dan menjadi negara yang berjaya, semua orang harus peduli dengan pendidikan wanita. Wanita akan menjadi ‘sekolah’ pertama bagi anak-anaknya. Lewat pendidikan yang diberikan oleh kaum wanita inilah, para generasi muda akan menjadi penerus bangsa yang tangguh.

Anak-anak yang hebat terlahir dari ibu dan ayah yang hebat serta lingkungan yang juga hebat. Tidak akan bisa suatu generasi menjadi hebat tanpa keberadaan faktor pendukung yang baik. Untuk itu, mari menjadikan diri kita sebagai bagian dari faktor hebat dalam pembangunan.

Contoh nyata yang telah diberikan oleh Kartini hendaknya menjadi penyemangat untuk melakukan hal yang lebih. Pada saat itu Kartini tidak mempunyai fasilitas pendukung seperti internet atau pun bahan bacaan yang berlimpah. Sekarang semua fasilitas itu bisa didapatkan dengan mudah. Jangan tunggu menjadi tua karena tidak ada yang tahu sampai di mana usia akan berhenti.

Makna hari Kartini tidak bisa dijadikan sebagai satu momentum setiap tahun untuk bergerak. Kita harus bergerak setiap hari. Pendidikan harus berlangsung setiap saat. Mendidik diri menjadi lebih baik dan lebih baik lagi agar bangsa dan negara ini terus maju dan berkembang dengan lebih baik pula.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Terima kasih. Wassalamu’alaikum wr.wb.

Pengembangan Isi Pidato

Isi pidato hari Kartini itu tidak harus menceritakan kehidupan Kartini secara detail. Lewat banyak sumber, telah banyak orang tahu tentang kehidupan Kartini. Yang bisa dipetik adalah makna kehadiran Kartini dan yang dilakukannya selama hidup. Pidato bahasa Indonesia bertema hari Kartini hendaknya bisa menggugah orang lain untuk bergerak maju. Pendidikan menjadi isu yang cukup relevan dengan hari Kartini.

Selanjutnya : Sejarah Lempar Jumroh
Sebelumnya: Langkah Menulis Puisi Rajawali
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar