Membuat Pidato dalam Bahasa Inggris

Sedianya, membuat pidato dalam bahasa Inggris tidak semudah berbicara dengan orang lain. Menyusun teks pidato akan sangat membantu Anda dalam menyampaikan pidato ketimbang harus berbicara langsung. Gunanya adalah untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika menyampaikan pidato tersebut di hadapan orang banyak. Karenanya, agar Anda mudah menyusun teks pidato berbahasa inggris, berikut beberapa tipsnya.

Tip Menulis Pidato Bahasa Inggris

  • Sebelum menyusun teks pidato berbahasa inggris, sebaiknya Anda terlebih dahulu menentukan tema yang akan Anda bawakan dalam pidato tersebut. Tentunya dengan mempertimbangkan hadirin atau kalangan dengan latar belakang seperti apa yang akan hadir dan mendengarkan pidato Anda. Juga mempertimbangkan seperti apa acara yang akan dilangsungkan tersebut. Menyangkut hari besarkah? Atau memperingati suatu momen tertentu?
  • Menuliskan atau merumuskan pembukaan pidato. Hal ini penting, sebab pembukaan pidato menentukan keberlangsungan pidato di menit-menit selanjutnya. Karenanya, pada pembukaan pidato tersebut sedianya berisi pernyataan yang menarik, provokatif, kontroversial, bahkan dimulakan dengan cerita lucu yang menarik perhatian para hadirin. Tapi tetap harus menyiratkan isi dari pidato yang akan Anda sampaikan selanjutnya. Gunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti sekalipun oleh hadirin yang tidak faham bahasa Inggris.
  • Berlanjut ke bagian isi utama dari penyampaian pidato bahasa Inggris. Masuk ke bagian inti ini berarti Anda harus menyampaikan pendapat dan pemikiran Anda dengan cara yang optimal. Runtut dan disesuaikan dengan urutan poin-poin yang ingin Anda sampaikan kepada para hadirin. Pergunakan pula bahasa tubuh Anda dalam menyampaikannya. Dengan harapan, pidato Anda dapat dicerna dan dimengerti dengan baik oleh para hadirin.
  • Selanjutnya, penutup. Bagian ini juga tak kalah pentingnya. Sebab dengan menyampaikan penutup pidato bahasa inggris yang baik, maka para hadirin akan merasa terkesan dengan apa yang Anda sampaikan. Penutup pidato ini haruslah berisi kesimpulan dari apa yang telah Anda sampaikan. Juga beberapa hal positif yang dapat melengkapi apa yang telah Anda sampaikan sebelumnya. Yaitu pada bagian isi atau inti pidato. Jangan lupa untuk mengakhiri pidato Anda dengan ucapan terima kasih, permintaan maaf atas kata-kata yang kurang dikenan oleh para hadirin serta salam perpisahan.

Kepercayaan diri tentu juga menjadi hal terpenting dalam menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris ini. Atur nafas Anda setenang mungkin, tentu dapat menyeimbangkan kepercayaan diri serta emosi Anda.

Selanjutnya : Cara Mengedit Kaki Menjadi Kecil dengan Photoshop
Sebelumnya: Memulai Sketsa Sebelum Melukis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...