Pidato Kebersihan Bahasa Indonesia tentang Lingkungan Sekolah


Pidato kebersihan bahasa Indonesia tentang lingkungan sekolah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Misalnya saja disampaikan ketika upacara bendera, memperingati hari bumi, maupun ketika waktu istirahat. Pidato tentang kebersihan dilakukan agar para siswa sadar bahwa lingkungan sekitar hidupnya, termasuk sekolah, memang harus dijaga kebersihannya. Mereka harus terus diingatkan bahwa kebersihan akan mencegah berbagai musibah seperti banjir, kebakaran, maupun terjangkit masalah penyakit.

Mengapa harus berawal dari lingkungan sekolah? Hal tersebut karena sekolah merupakan tempat anak untuk dididik. Selain itu juga waktu anak di sekolah minimal seperempat hari. Tidak hanya diberi bekal ilmu sains dan kebahasaan yang bersifat teori, namun juga harus memiliki tindakan nyata untuk penanaman kecintaan anak pada kebersihan.

Kebersihan sekolah dewasa ini memang menjadi perhatian seluruh kalangan, tidak terkecuali pada kebersihan sekolah. Tidak heran jika beberapa sekolah kemudian memilih untuk memiliki petugas kebersihan untuk menjaga lingkungannya. Namun, tindakan ini kurang mampu mendidik anak. hal tersebut karena ada pembiasaan pada diri anak untuk menggantungkan kebersihan lingkungan hidupnya pada orang lain.

Pidato Kebersihan Sekolah

Pidato kebersihan di sekolah sangat dibutuhkan untuk menjadi pengingat anak didik untuk menyadari bahwa pentingnya kebersihan lingkungannya. Sifatnya yang sebagai pengingat tidak harus menunggu momen penting saja, namun memang harus lebih masif diperdengarkan.

Perkembangan zaman yang maju, tidak mengharuskan seseorang melakukan pidato secara langsung dan terus-menerus. Namun, bisa dilakukan dengan cara merekamnya kemudian memutarnya pada jam-jam istirahat.

Cara lain berpidato juga tidak harus diucapkan secara lisan, namun bisa dilakukan secara tulisan. Slogan-slogan tentang kebersihan bisa ditempel di berbagai sudut sekolahan. Pidato yang memiliki sifat memberi informasi, mengingatkan bisa dilakukan dengan cara tersebut. Tulisan tersebut bisa memengaruhi seseorang untuk melakukan apa yang diinginkan atau dimaksudkan dalam tulisan tersebut.

Pidato memang memiliki banyak fungsi, selain sebagai pengingat, juga dilakukan untuk memengaruhi seseorang dengan apa yang kita inginkan. Salah satunya untuk melakukan tindakan kebersihan di lingkungan sekolah dengan pidato kebersihan bahasa Indonesia tentang lingkungan sekolah. Hal tersebut akan lebih baik jika dilakukan pada anak usia dini. Hal tersebut akan menjadi pembiasaan mereka dari kecil untuk melakukan tindakan tersebut, sehingga ketika mereka keluar dari dunia pendidikan dan masuk dalam periode selanjutnya (kerja), sifat tersebut masih akan melekat dalam diri mereka.

Selanjutnya : Menghitung Shio Menurut Tahun Kelahiran
Sebelumnya: Minuman dan Makanan yang Menggunakan Pewarna Alami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar