Pidato Pengajian Rutin


Bagaimana pidato pengajian rutin? Dalam kehidupan kita terutama bagi umat Islam banyak sekali kegiatan-kegiatan yang secara rutin diadakan. Terutama dalam memperingati even-even tertentu. Tapi tidak hanya itu saja. Masih banyak kegiatan-kegiatan rutin yang lainnya .

Yang diadakan setiap minggu sekali, dua minggu sekali, kadang-kadang ada setiap bulan sekali. Setiap kali ada acara rutinan yanng berlatar belakang keagaamaan tentu akan ada yanng namanya MC selaku pembawa acara. Maka dalam artikel ini akan mambahas tentang pidato pengajian rutin.

Tetapi dalam berpidato tidak hanya sekedar langsung berbicara di depan umum atau di depan para undangan atau jama’anh. Sekiranya dalam pidato tersebut haruslah sesuai dengan tema pada acara tersebut.

Selaku MC dan pembawa acara, sebelum acara Pidato atau sambutan dari Bpk Kyai atau Bu Nyai. Maka ada sepatah  kata atau sambutan dari MC terlebih dahulu untuk mengawali acara.

Pidato Pengajian

Berikut ini ada sedikit cara pidato MC pengajian rutin.

1. Memberi salam kepada para undangan
2. Menyapa semua yang hadir
3. Membacakan sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad
4. Membacakan pembukaan (biasanya membaca basmalah dan surat al- Fatikha)
5. Sedikit berpidato, yang isinya sesuai dengan tema pengajian rutinan
6. Membacakan semua acara

Di atas tadi adalah beberapa tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh seorang MC. Berikut contoh kata-kata yang diucapkan MC ketika membuka pengajian rutin.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Kepada yang terhormat Ustadzah Hj. Halimah, M.Ag. dan para undangan pengajian rutin yang berbahagia. Puji syukur kita panjatkan kepada Allah Swt, sehingga pada hari ini kita semua bisa berkumpul di sini dalam acara pengajian rutin yang di adakan setiap Kamis malam Jum’at di rumah Ibu Hj. Astutik dengan keadaan sehat wal afiat dan tidak kekurangan sesuatu apapun. Dan semoga pengajian ini membawa manfaat bagi kita semua. Amin.

Tak lupa kita panjatkan slawat dan salam kepada junjungan kita semua yaitu Nabi Besar Muhammad saw. Karena beliau telah memberikan jalan yanng benar didunia dan akherat.

Langsung saja untuk menyingkat waktu mari kita buka acara ini dengan bacaan ummul Qur’an ( mambaca Basmalah dan Surat al-Fatihah secara sama-sama)
dan susunan acara sebagaiman berikut:

1. Pembukaan
2. Sambutan dari shohibul Hajjah
3. Pengajjian Rutin oleh Ustadzah Hj.Halimah
4. Penutup dan doa

Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Para Pengarang Puisi Terkenal Indonesia
Sebelumnya: Lagu Legendaris Terkenal The Beatles dalam Album Terlarisnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar