Pidato Tema Menjaga Kehijauan Lingkungan


Pidato tema menjaga kehijauan lingkungan dapat diberikan dengan cara menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan lingkungan hijau atau lingkungan hidup, serta unsur pembentuk yang wajib diketahui agar tetap dijaga oleh masyarakat supaya tidak tercemar.

Manusia dalam ruang lingkup kehidupan merupakan makhuk biotik yang berfungsi dan berperan penting dalam keberlangsungan hidup alam ini. Hal tersebut disebabkan oleh manusia yang memiliki kemampuan untuk mengolah alam dengan baik sebagaimana mestinya.

Dengan begitu, manusia juga perlu memiliki pengetahuan mengenai lingkungan hidup yang baik dan bagaimana menjaga lingkungan hijau agar tetap lestari dan memberikan kenyamanan terhadap seluruh umat manusia, serta seluruh makhluk yang ada di muka bumi ini.

Akan tetapi, karena kemampuan yang tinggi, manusia sendiri terkadang lupa sehingga sebagian besar manusia menjadi serakah dan berkehendak seenaknya dengan mengeksploitasi seluruh kekayaan alam yang ada hanya demi kepentingan dan kesenangan individu belaka.

Oleh sebab itu, dalam pidato tema menjaga kehijauan lingkungan ini, diperlukan penjelasan terlebih dahulu mengenai apa itu lingkungan hidup dan bagaimana melestarikannya agar tidak tercemar dan menimbulkan hal-hal buruk bagi masyarakat dan makhluk hidup lainnya.

Lingkungan hidup merupakan semua hal yang berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup seluruh makhluk yang tinggal dan hidup di dunia ini. Makhluk di sini bukan hanya makhluk hidup, tapi juga makhluk yang berperan dalam pengelolaan alam.

Adanya keterkaitan antara makhluk yang satu dengan makhluk lainnya membuat lingkungan tidak bisa dipisahkan begitu saja dari perilaku makhluk yang menempatinya. Jika ada satu populasi yang hilang, maka kehidupan makhluk lainnya akan sangat terganggu bahkan mungkin saja mengalami kepunahan seperti halnya populasi yang hilang sebelumnya.

Misalnya saja, populasi tikus yang hilang akan membuat populasi ular dan pemakan tikus lainnya menjadi kacau sehingga keadaan rantai makanan makhluk hidup lainnya pun turut terganggu. Begitu juga dengan manusia yang tidak bisa hidup tanpa tumbuh-tumbuhan sebagai sumber oksigen dan juga sumber pangan.

Dengan adanya pidato tema menjaga kehijauan lingkungan diharapkan bahwa manusia bisa memiliki kesadaran yang tinggi untuk terus berbuat yang terbaik demi alam dan tidak merusak keindahan serta kehijauan lingkungan yang sudah ada sebelumnya.

Selanjutnya : Indahnya Wisata Pulau Jeju Korea Selatan
Sebelumnya: Apakah Penyebab Punggung Berjerawat?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar