Contoh Naskah Pidato tentang Hari Guru Nasional


Artikel ini mengulas pidato tentang hari Guru Nasional. Tanggal 25 November telah ditetapkan sebagai hari Guru Nasional. Guru yang memiliki sebuah predikat pahlawan tanpa tanda jasa ini memang layak untuk diberi penghargaan. Dedikasinya dalam pendidikan dan menuangkan ilmu kepada putra-putri bangsa belum tentu berbalas kesejahteraan yang sesuai dengan pengorbanannya. Pengorbanan itu menjadi amalan para pencetak anak-anak cerdas ini.

Tanpa adanya guru, tak dapat dibayangkan akan seperti apakah rupa sebuah negara. Dengan banyaknya orang yang tidak melek huruf alias tak mampu baca tulis, rakyat tidak akan mengenal ilmu pengetahuan bahkan mungkin tidak akan sanggup bekerja secara layak. Akibatnya, negara menjadi sangat terbelakang.

Perayaan Hari Guru Nasional

Pada perayaan hari guru nasional, biasanya diadakan upacara baik di tingkat sekolah, propinsi, maupun kenegaraan. Saat upacara berlangsung, sambutan dalam bentuk pidato bisa dibawakan oleh siapapun, mulai wakil guru, kepala sekolah, pejabat setempat, menteri pendidikan, hingga seorang presiden.

Contoh Pidato Hari Guru Nasional

Berikut ini adalah contoh naskah pidato tentang hari guru nasional yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi saat harus memberikan pidato.

Segala puji kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga pada kesempatan kali ini kita masih bisa berkumpul dan merayakan hari Guru Nasional.

Hari ini adalah hari yang paling dibanggakan oleh segenap guru di seluruh Tanah Air. Betapa tidak, pemerintah telah menetapkan tanggal 25 November sebagai hari guru nasional. Sebuah penghargaan yang tiada terkira kepada kita kaum guru yang senantiasa berusaha memberikan yang terbaik untuk bangsa ini. Meskipun, dipenuhi dengan lika-liku dalam mengemban amanah itu.

Sistem pendidikan negara kita masih terus dikembangkan, dipelajari, dan disempurnakan. Oleh karena itu, sebagai guru kita wajib memberikan dedikasi demi terwujudnya sistem pendidikan yang optimal serta memberikan sumbangsih dalam bentuk wacana bagi kemajuan sistem pendidikan kita. Jangan sungkan untuk memberikan masukan yang berguna bagi pendidikan kita.

Kemudian bagi para anak didik kami yang tercinta, kalian adalah generasi penerus bangsa. Meskipun ibu dan bapak guru belum bisa memberikan lebih selain ilmu yang semoga bermanfaat, teruskan apa yang menjadi cita-cita bapak dan ibu guru yaitu menjadikan bangsa kita sebagai bangsa yang unggul, terdidik, dan memiliki taraf kesejahteraan tinggi. Berjuanglah tanpa mengenal lelah. Ibu dan bapak guru hanya bisa menghantarkan kalian dengan ilmu. Selanjutnya, kalian harus mencari penghidupan dengan ilmu yang telah kalian dapat agar bisa meraih kesuksesan

Selamat hari Guru Nasional. Teruslah menumbuhkembangkan pendidikan di Tanah Air tercinta. Mari kita jadikan bangsa ini maju dan berdikari.

Demikian contoh pidato tentang hari Guru Nasional. Semoga dapat dijadikan sebagai referensi.

Selanjutnya : Tujuan Didirikannya MUI dalam Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
Sebelumnya: Warna yang Cocok untuk Kulit Gelap
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar