Membuat Pidato tentang Perpisahan Kelas 6 SD Bahasa Indonesia


Telah menjadi agenda wajib bagi pihak sekolah ketika waktu kelulusan tiba, yakni membuat pesta perpisahan untuk para peserta didiknya. Kegiatan semacam ini biasa dikemas dengan beragam nuansa dan tema. Ada yang memilih tema wisuda untuk merayakan kelulusan sekaligus perpisahan mereka.  Ada pula yang memilih melaksanakan rekreasi ke suatu tempat. Ada pula yang memilih untuk menyelenggarakannya di ballroom hotel untuk kesan elegan. Dengan ragam pilihan tersebut, hal yang tidak hilang adalah adanya sesi pidato tentang perpisahan kelas 6 SD Bahasa Indonesia yang biasanya dibawakan oleh salah satu murid yang ditunjuk.

Kebanyakan guru membuatkan teks pidato yang akan dibacakan oleh salah satu siswa yang ditunjuk. Namun ada pula yang sengaja menugaskan siswa untuk berkreasi atas pidato yang akan ia bacakan sendiri. Yang terakhir ini tentu akan jauh lebih berkesan. Sebab akan terasa sangat natural di telinga para hadirin yang mengahadiri acara perpisahan siswa kelas 6 Sekolah Dasar tersebut.

Membuat Pidato Perpisahan Kelas

Jika memang siswa diminta untuk membuat sendiri, ada baiknya guru memberikan masukan mengenai hal-hal apa saja yang harus ada dan disampaikan pada pidato perpisahan kelas 6 SD Bahasa Indonesia tersebut. Seperti ucapan terima kasih kepada para guru yang telah mengajar tanpa lelah sejak mereka masuk di kelas 1, hingga mereka lulus di kelas 6. Ucapan terima kasih kepada kepala sekolah, karyawan serta komite sekolah yang telah membantu mewujudkan lingkungan sekolah yang baik. Juga ucapan terima kasih kepada teman-teman sesama siswa,  adik-adik kelas yang telah menorehkan memori indah selama duduk di bangku Sekolah Dasar.

Siswa juga sebaiknya menyampaikan kesan-kesan selama bersekolah dan hal-hal menarik sebagai  pengalaman yang tak terlupakan bersama teman-teman dan guru atau pihak-pihak yang berjasa di sekolahnya. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada orang tua yang telah mendukung semua program yang dijalankan oleh pihak sekolah dan turun tangan menjaga kelangsungan kegiatan belajar di rumah untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Lalu permintaan maaf kepada semua pihak yang telah secara sengaja atau tidak sengaja disakiti hatinya oleh murid-murid kelas 6, dan harapan mengenai sekolah ke depannya. Apa saja yang harus di tambah, apa yang harus dibenahi dan apa yang penting untuk dilestarikan.

Semoga dapat membantu merumuskan pidato tentang perpisahan kelas 6 SD Bahasa Indonesia, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Trik Belajar Cepat Bahasa Belanda bagi Pemula
Sebelumnya: Sajak Calon Legislatif, Persembahan untuk Wakil Rakyat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar