Pihak yang Membutuhkan Laporan Keuangan


Pihak yang membutuhkan laporan keuangan itu bisa jadi seorang suami atau istri, orang tua, rektorat universitas, anggota koperasi, manajemen perusahaan, dan lain-lain. Laporan keuangan diperlukan untuk menunjukan berapa dana yang sudah digunakan, berapa sisanya, dan apa saja yang dilakukan dengan dana tersebut. Bentuk laporan tersebut harus terperinci sehingga pengeluaran sama atau tidak sama dengan jumlah dana yang diberikan atau anggaran yang sudah disusun sebelumnya.

Laporan Keuangan Perusahaan

Pihak yang membutuhkan laporan keuangan biasanya adalah pihak manajemen perusahaan. Laporan keuangan ini digunakan untuk melihat perkembangan perusahaan. Jika untung, perusahaan akan mengambil langkah yang harus dilakukan. Bila rugi, perusahaan juga bisa mengambil tindakan apa yang harus diambil. Karyawan perusahaan pun seharusnya tahu laporan keuangan walau tidak sangat terperinci.

Paling tidak karyawan mengetahui bahwa perusahaan dalam keadaan yang baik atau sedang limbung. Kalau perusahaan tergolong baik, karyawan bisa berharap mendapatkan kenaikan gaji sesuai dengan kinerja kerja dan masa kerja. Selain itu, karyawan pun bisa berharap mendapatkan bonus sesuai yang dijanjikan dalam akad kontrak kerja. Tidak hanya itu, mungkin saja ada fasilitas lain seperti liburan bersama keluarga untuk seluruh karyawan, dan lain-lain.

Pihak Luar

Laporan keuangan perusahaan juga dibutuhkan oleh pihak luar, seperti pemilik perusahaan, pihak bank, kreditor selain bank, kantor pajak, pemerintah, dan pemegang saham. Pihak pemilik perusahaan dan pemegang saham tentu sangat berkepentingan dengan laporan keuangan ini. Data tersebut bisa menjadi landasan apakah saham akan dijual atau tetap dipertahankan.

Pemilik perusahaan pun begitu, Mereka bisa saja mengalihkan kepemilikan perusahaan ke pihak lain. Sedangkan pemerintah tentu membutuhkan data keuangan itu untuk menentukan besaran pajak. Disamping itu, dengan adanya data keuangan perusahaan di wilayah tersebut, pemerintah pun bisa menetapkan besaran UMR atau UM kota yang bersangkutan.

Pihak Lain yang Berkepentingan dengan Laporan Keuangan

Pihak yang berkepentingan untuk mengetahui lapaoran keuangan lainnya adalah pihak yang memberikan dana. Misalnya, mahasiswa yang mengatakan kegiatan dalam kampus yang dibiayai oleh pihak kampus. Setelah kegiatan selesai, tentu saja pihak kampus atau pihak rektorat membutuhkan laporan keuangan. Dari laporan tersebut akan diketahui berapa dana yang dikeluarkan. Laporan ini pun bisa menjadi bahan evaluasi untuk kegiatan dimasa yang akan datang.

Perusahaan yang menjadi sponsor penelitian juga menjadi pihak yang membutuhkan laporan keuangan. Peneliti harus membuat laporan keuangan dari dana yang diberikan setelah penelitian selesai. Tentunya disertai laporan hasil penelitian sesuai dengan proposal yang diajukan.

Selanjutnya : Pola Aliran Sungai dan Penjelasannya
Sebelumnya: Jenis-jenis Usaha di Ruko yang Berpotensi Besar Mendatangkan Untung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar